Mohon tunggu...
azka khai
azka khai Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kemudahan Komunikasi

16 Oktober 2018   08:37 Diperbarui: 16 Oktober 2018   08:59 408 0 0 Mohon Tunggu...

Private atau pribadi merupakan hal menjadi kepemilikan satu orang saja. Dalam sistem komunikasi yang namanya informasi merupakan konsumsi publik, bukan untuk pribadi apalagi berkaitan dengan sebuah instansi dan pemerintahan.

Tidak masalah ketika kita merahasiakan sebuah informasi tetapi tidak semua, ada kalanya untuk terpublikasi oleh sebuah media terkecuali seperti rahasia sebuah perusahaan contohnya ketika ada sebuah armada penerbangan Air Asia jatuh di peairan Indonesia atau selat Kalimata yang semua media meliput, bagaimana Air Asia bisa terjatuh?

Pada saat itu pihak tim penyelamat menekukan black box atau kotak hitam, yang merupaka sebuah rekaman penerbangan Air Asia tersebut, dari kotak hitam tersebut pihak intasi dapat mengetahui apa yang dialami oleh salah satu armada mereka.

Contoh di atas merupakan informasi yang tidak dapat dipublikasikan karena merupakan rahasia perusahaan, dan yang pasti apapun hasil rekaman, pihak Air Asia tidak akan tinggal diam, dan akan memperbaiki kesalahan dan membangun citra Air Asia kembali baik dimata para calon penumpang.

Setelah berkembanganya zaman, komunikasi hanya menjadi milik pribadi sebuah perusahaan atau pemerintah saja, pada saat ini kita sudah merasakan kebebasan dalam berkomunikasi, contoh nyatanya ketika dari suatu negara maju yang mengadakan perdagangan internasional kepada negara -- negara berkembang.

Karena perdagangan dunia lah komunikasi menjadi salah satu hal penting dalam memperkenalkan produk -- produk negara tersebut, menurut saya profit dari sebuah perdagangan internasional sangat menguntungkan bagi negara tersebut.

Pada saat ini kita dapat menjalin komunikasi yang luas dan bebas dengan tarif yang cukup terjangkau, tidak seperti pada zaman monopoli pasar. Pemerintah merasa bahwa komunikasi untuk masyarakt juga penting dalam mensejahterakan mereka, misalnya ketika kita tidak dibebaskan dalam berkomunikasi kita tidak dapat berkembangan dan tidak bisa menjadi maju, baik dalam sosial dan ekonomi.

Sekarang sudah banyak dari kalangan masyarakat yang merintis bisnis baik dengan konvensional dan online. Kemudahan dan kemurahan tarif dalam komunikasi juga dapat dirasakan berbagai kalangan masyarakat.

Semua kemudahan dan tarif yang terjangkau tidak lepas dari canggihnya teknologi komunikasi saat ini. Satelit, merupakan sebuah alat yang menjadikan kita dapat mendapatkan informasi secaran instans, dengan menerima dan mengirimkan sinyal gelombang kepada masyarakat yang ingin menginformasikan dan mencari informasi.

Dengan perkembangan teknologi ini komunikasi dengan sangat mudah kita dapatkan, seperti dulu ditemukan kertas, dan surat menyurat, butuh waktu lama kita dalam mengirimkan informasi dan menerimanya, telepon seluler, mengingatkan dikala itu telepon 'menjauhkan yang dekat' kita dapat berbicara dengan sesorang walaupun terlampau jarak yang jauh.

Hingga saat ini terdapat internet dan gawai, yang sangat memudahkan kita mendapat informasi, yang dahulu kita hanya dapat mendengar suara, sekarang kita juga bisa telepon dengan melihat wajah orang tersebut yang dinamakan videocall, tetapi kita harus ingat dengan 'hoax' kemajuan teknologi, kemudahan dalam mencari informasi menjadikan kita harus lebih hati -- hati dengan informasi yang disebarluaskan, kita harus mengetahui kebenarannya, faktanya dan isi berita tersebut agar kita terhindar dari 'hoax'.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x