Mohon tunggu...
Mohammad Asyfi
Mohammad Asyfi Mohon Tunggu... Pengalaman Guru yang Terbaik

saya merupakan salah satu mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurusan Pendidikan IPS tahun angkatan 2017.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Pilih RAM atau Chipset

14 Desember 2019   20:01 Diperbarui: 22 Desember 2019   13:30 179 0 0 Mohon Tunggu...
Pilih RAM atau Chipset
tstatic.net

Kemajuan teknologi smartphone dari tahun ke tahun semakin meningkat. Kini, dalam memilih smartphone tidak hanya dipandang dari luarnya saja melainkan dilihat dari dalamnya juga, seperti baterainya, chipsetnya, dan sebagainya. Dalam memilih atau membeli smartphone  tentunya harus mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari harga, kamera, CPU, desain, atau yang lainnya. 

Yang paling terpenting dalam pemilihan smartphone, kita harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kita baik yang diutamakannya ukuran baterai, kamera, memory, atau juga chipsetnya. Nyatanya masih banyak masyarakat di masa sekarang yang salah pilih dalam memilih smartphone. Salah satunya perihal RAM dan Chypset. Ternyata masih ada masyarakat yang malah terkecoh dengan hal seperti itu. 

Mereka ada yang beranggapan bahwa jika RAMnya besar maka performa Handphone akan lebih baik tanpa mempertimbangkan Chipsetnya. Hal itu merupakan anggapan yang sangat salah besar. Anggapan-anggapan yang seperti itu harus segera diluruskan supaya tidak salah lagi dalam memilih smartphone.

selular.id
selular.id
selular.id
selular.id
Nah,! Pada kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai apa kita pilih RAM yang gede atau Chypset yang bagus? Sebelumnya, kita harus mengetahui dulu apa itu RAM dan apa itu Chypset?

RAM (Random Access Memory) perangkat dalam sebuah komputer atau gadget yang dapat mengakses memory secara acak dengan cepat. RAM tersebut berfungsi untuk membaca data dari aplikasi yang sedang terbuka atau berjalan. Semakin banyak program atau aplikasi yang terbuka maka semakin kecil RAM yang digunakan. 

Dalam sebuah laptop atau gadget RAM merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk menjadi memori penyimpanan sementara dalam sebuah program yang berjalan. Tanpa RAM maka program atau aplikasi juga tidak dapat berjalan.  Selanjutnya chipset, Chipset merupakan salah satu jeroan yang memiliki peran cukup penting untuk mendukung kinerja smarphone. 

Chipset mengatur berbagai tugas dan menghubungkan berbagai hardware di motherboard. Sehingga kecepatan kinerja smartphone tergantung dari  Chipset yang digunakannya. Selain itu, Chipset juga mengatur untuk menghasilkan gambar yang bagus, pemrosesan sinyal yang baik, dan fungsi lainnya.

Jadi, pada intinya pemilihan RAM bukanlah faktor utama dalam memilih smartphone. Karena RAM hanya berfungsi sebagai pengolah data sementara di saat aplikasi terbuka. 

Sedangkan Chipset, memiliki fungsi lebih banyak daripada RAM. Penerimaan sinyal yang baik, pengolahan grafis yang bagus, kecepatan smartphone, jenis koneksi jaringan yang digunakan, dan sebagainya tergantung dari chipset yang digunakan pada smartphone tersebut. Maka, sebelum membeli atau memilih smartphone pertimbangkan juga chipset yang digunakan pada smartphone.

VIDEO PILIHAN