Manajemen

Analisis Kerja

29 Mei 2015   12:27 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:29 48 0 0

Hai bertemu lagi yaa. Bolehlah baca bahasan kali ini mengenai Analisis Kerja. Selamat membaca...


·Job Description adalah daftar perilaku apa saja yang dilakukan karyawan dalam pekerjannya.


·Personal characteristics yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan.


·Yang termasuk kedalam karakteristik tugas antara lain, karakteristik pekerjaan seperti jam kerja, kondisi kerja, dan peralatan yang digunakan.


Mengapa perlu dilakukan Analisis Jabatan?


oMengurangi konflik dan ambigu


oMendesain dan mengevaluasi pelatihan


oPenilaian kinerja dan pengembangan kriteria


oMendesain suatu pekerjaan


oSeleksi keryawan


oPenentuan gaji


Whai is Job?


oElements: Komponen terkecil aktivitas kerja.


oTask/Tugas: Kumpulan-kumpulan elemen yang dikerjakan untuk mencapai suatu


tujuan


oPosition: Tugas-tugas yang dilaksanakan secara individu dalam organisasi.


oJob: Sekumpulan posisi yang mempunyai kesamaan dari segi tugas utama


yang dilakukan.


oJobs Type: Sekumpulan pekerjaan pada beberapa organisasi yang berhak


memiliki kesamaan dalam tugas yang dilakukannya.


Bagaimana melakukan Analisis Jabatan?


1.Metode pengumpulan informasi seperti, observasi, wawancara, dan angket.


2.Siapa yang menyediakan informasi : Incunment, Supervisor, Trained job analysis