Hai bertemu lagi yaa. Bolehlah baca bahasan kali ini mengenai Analisis Kerja. Selamat membaca...
·Job Description adalah daftar perilaku apa saja yang dilakukan karyawan dalam pekerjannya.
·Personal characteristics yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan.
·Yang termasuk kedalam karakteristik tugas antara lain, karakteristik pekerjaan seperti jam kerja, kondisi kerja, dan peralatan yang digunakan.
Mengapa perlu dilakukan Analisis Jabatan?
oMengurangi konflik dan ambigu
oMendesain dan mengevaluasi pelatihan
oPenilaian kinerja dan pengembangan kriteria
oMendesain suatu pekerjaan
oSeleksi keryawan
oPenentuan gaji
Whai is Job?
oElements: Komponen terkecil aktivitas kerja.
oTask/Tugas: Kumpulan-kumpulan elemen yang dikerjakan untuk mencapai suatu
tujuan
oPosition: Tugas-tugas yang dilaksanakan secara individu dalam organisasi.
oJob: Sekumpulan posisi yang mempunyai kesamaan dari segi tugas utama
yang dilakukan.
oJobs Type: Sekumpulan pekerjaan pada beberapa organisasi yang berhak
memiliki kesamaan dalam tugas yang dilakukannya.
Bagaimana melakukan Analisis Jabatan?
1.Metode pengumpulan informasi seperti, observasi, wawancara, dan angket.
2.Siapa yang menyediakan informasi : Incunment, Supervisor, Trained job analysis