Mohon tunggu...
Azikra Salma
Azikra Salma Mohon Tunggu... Azikraass

Alam takambang jadi guru

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Kurangi Insecure, Perbanyak Bersyukur

14 Januari 2020   12:21 Diperbarui: 9 April 2021   13:24 5385 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kurangi Insecure, Perbanyak Bersyukur
Sering bersyukur dapat mengurangi rasa insecure (Sumber : Nathan Dumlao via unsplash.com)

Setelah saya sadari insecure pada setiap orang akan membuat dirinya menjadi berfikiran bahwa ia selalu terlihat salah dan merasa terpojokan dan mereka cenderung hidup dalam ketakutan.

Semakin merasa tidak percaya diri, dan semakin banyak rasa tidak aman yang ada dalam pikirannya, sehingga mereka dapat menarik dirinya dari lingkungan masyarakat dan kurang sekali berinteraksi dengan kondisi di sekitarnya.

Sebenarnya insecure itu apa sih? Apa saja penyebab dan cara mencegah diri kita agar terhindar dari rasa insecure itu? Nah disini saya akan menjelaskannya

Insecure berarti perasaan tidak aman, tidak yakin, dan tidak percaya pada diri sendiri dan tidak bersyukur dengan apa yang diberikan Tuhan pada kita, kenali penyebab terjadinya rasa insecure pada diri kita.

Penyebab-penyebab Insecurity:

1. Membanding-bandingkan diri dengan orang lain.

Saat kita membandingkan diri dengan orang lain, kita melihat kelebihan orang lain yang tidak dimiliki oleh kita. Hal itu bisa membuat kita menjadi insecure dan tidak percaya diri, sebenarnya Tuhan telah menciptakan makhluknya dengan sempurna, dan setiap orang pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing (cosmopolitan.co.id).

2. Selalu melihat keatas dan tidak bersyukur dengan apa yang kita punya.

Nahh kondisi ini sering kali kita lakukan tanpa kita sadari, kadang kita selalu melihat ketas dan jarang sekali diri kita melihat kebawah, maksudnya kita jarang sekali bersyukur dengan apa yang kita punya sekarang, kita terlalu melihat apa yang orang lain punya, padahal melihat kebawah itu kita patut bersyukur karna kita masih bisa merasakannya daripada mereka yang belum merasakannya sama sekali.  

3. Overthinking

Banyak berpikir tidaklah baik untuk kesehatan kita, bukan berarti kita menjadi orang yang cuek dan tidak peduli sama sekali, tetapi cobalah memikirkan perasaan diri sendiri dan jauhkan pikiran kita ini dari pikiran bernegatif thinking  mulailah memiliki pikiran positif kawan kawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x