Mohon tunggu...
azas tigor nainggolan
azas tigor nainggolan Mohon Tunggu... Pengacara - Advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Aktivis Perkotaan yang advokat dan Analis Kebijakan Transportasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Belajar dari Kampung Warna Warni Jodipan

2 Mei 2024   07:26 Diperbarui: 2 Mei 2024   18:27 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Belajarlah selalu dari rakyat kecil karena akan mendapatkan pengalaman yang asli dan tulus.

Pertama kali saya terinspirasi,  mengenal dan mempelajari Kampung Warna Warna Jodipan, Malang, Jawa Timur sejak sekitar 20 tahun lalu. Mendapatkan informasi awal dari sebuah majalah travel dan langsung mengunjunginya ke Malang.

Kampung sederhana seperti biasa penghuninya rakyat kecil dan letaknya di pinggir sungai Brantas Malang. Ketika itu kampung Jodipan sudah apik, tertata indah walau bukan barang mewah bangunannya, bersih dan warganya ramah ramah. Setiap kali saya berkunjung  ke kota Malang saya selalu singgah ke Kampung Jodipan.

Sampai sekarang Kampung Warna Warni Jodipan masih seperti awal kondisinya. Begitulah proses belajar saya tentang Kampung Warna Warni dari Kampung Jodipan. Pagi ini saya kembali mengunjungi Kampung Warna Warni Jodipan, Malang.

Belajar dari Kampung Warna Warni Jodipan inilah saya menggagas dan mengajak teman teman saya di FAKTA Indonesia membangun kampung warna warni untuk menata kampung warga dampingan kami di Jakarta.

Akhirnya pada tahun 2005 saya dan teman teman berhasil memulai membangun Kampung Warna Warni Penas Tanggul Jakarta Timur dan tahun 2019 membangun Kampung Warna Warni Kebon Pala Cililitan, Jakarta Timur. 

Pembangunan Kampung Warna Warni Penas Tanggul menginspirasi kota Jakarta membuat kampung warna warni. Kampung Warna Warni Jodipan menginspirasi kami dan selanjutnya menginspirasi pembangunan kampung warna warni di seluruh Jakarta.

Selamat Hari Pendidikan Nasional.

Malang, 2 Mei 2024
Astina

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun