Mohon tunggu...
Ayuni Rahmasani
Ayuni Rahmasani Mohon Tunggu... mahasiswa

Biologi

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Makhluk Merah dari Laut Penyembuh Kanker

11 Desember 2019   12:07 Diperbarui: 12 Desember 2019   08:12 10 0 0 Mohon Tunggu...
Makhluk Merah dari Laut Penyembuh Kanker
picsart-12-11-11-57-28-5df193ea097f367401215762.jpg

Siapa yang menyangka bahwa makhluk kecil yang dipandang sebelah mata bisa menyembuhkan kanker? Kanker yang terkenal ganas yang semua orang bilang tidak ditemukan obatnya? Siapakah dia makhluk merah yang berasal dari laut yang hidupnya menumpang pada ganggang laut justru berpotensi menyembuhkan kanker?. Makhluk ini atau biasa disebut sebagai "organisme" ini bentuknya sangat kecil bahkan tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Sebut saja dia sebagai "jamur". Ternyata gak semua jamur itu berbentuk seperti yang biasa kita makan lho ada juga jenis jamur yang memang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang. Beberapa penyakit terkadang bisa disebabkan oleh jamur lho seperti penyakit kudis atau keputihan itu juga disebabkan oleh beberapa jenis jamur dengan istilah jamur "patogen". Namun siapa sangka ternyata tidak semua jamur itu jahat lho, ada salahsatu jenis jamur yang ternyata memiliki peran luar biasa yang bisa berpotensi untuk menyembuhkan kanker.

Jenis jamur ini hidup menempel pada salahsatu jenis ganggang laut. Jamur apakah itu? Nama latinnya adalah Penicillium decaturense yang hidup menempel pada ganggang laut bernama Bostrychia tenella yang hidup di laut dan merupakan golongan ganggang merah. Apa yang dia miliki sehingga bisa berperan sebagai penyembuh kanker? Yuk kita baca penjelasan selanjutnya.

Usut punya usut nih ternyata si Penicillium decaturense ini punya zat yang biasa disebut sebagai antijamur dan antibakteri bernama Sitokalasin D. Gimana sih cara kerjanya sehingga bisa berpotensi menyembuhkan kanker? Nah si zat ini telah diuji cobakan terhadap tiga jenis sel kanker yang paling fenomenal dan banyak dikenal masyarakat, yaitu sel kanker payudara, leukimia dan kanker usus. Ternyata oh ternyata hasilnya sangat mencengangkan. Dari hasil uji aktivitas zat tersebut menunjukan potensi yang sangat baik untuk mencegah tumbuhnya tumor ganas tersebut. bahkan nilai dari LC50 dan IC50 nya sangat tinggi lho. Nah berdasarkan hasil tersebut, peneliti masih terus mengembangkan penelitiannya untuk terus menguji cobakan terhadap sel-sel kanker yang lain untuk nantinya diharapkan ini akan menjadi temuan besar yang bisa membantu dalam proses penyembuhan kanker di bidang farmasi. Gimana? Seru banget kan ternyata negara ini tuh kaya lho kaya akan sumber daya alam bahkan obat untuk penyakit terganas di dunia pun bisa ditemukan di alam. Sungguh sangat luar biasa kan?

Sumber : Article of Antibacterial, antifungal, and cytotoxic activites exhibited by endophytic fungi from Brazillian marine red alga Bostrychia tenella (Ceramiales)

VIDEO PILIHAN