Mohon tunggu...
Ayuni Musabbitah Hapsari
Ayuni Musabbitah Hapsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Antusiasme dan Motivasi Belajar Anak-anak Panti Asuhan Fakhrudin Kelurahan Padangsari

29 November 2021   13:06 Diperbarui: 29 November 2021   13:44 40 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Panti Asuhan Fakhrudin merupakan salah satu panti asuhan yang berada di Kelurahan Padangsari,Kecamatan Banyumanik, Semarang. Panti Asuhan yang didirikan oleh yayasan Ar-Rajuu Hayaatus Sawa yang dikelola oleh pengasuh pondok bernama Moh.Latif. Terdapat kurang lebih 30 anak-anak dengan jenjang usia yang berbeda di dalam Panti Asuhan Fakhrudin.

Pandemi covid-19 yang masih terjadi di seluruh dunia salah satunya di Indonesia yang menimbulkan berbagai efek kehidupan bermasyrakat. Salah satunya yaitu bidang pendidikan

Hal tersebut juga berdampak pada sistem pembelajaran yang semula dilakukan tatap muka kini diubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Meskipun dengan keterbatasan pembelaran yang ada, tidak menyurutkan antusiasme dan semangat anak- anak Panti Asuhan Fakhrudin dalam belajar.

Mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo kelompok 34 mengadakan sebuah bimbingan belajar bersama yang dilakukan setiap hari sabtu dan minggu pukul 16.00 WIB. Bimbingan Belajarnya ini kebanyakan diikuti oleh anak- anak SD kelas 1-6 dan anak-anak SMP kelas 7 dan 8. 

Selama dua hari tersebut anak- anak dapat belajar dan bercerita tentang tugas maupun berkonsultasi mata pelajaran yang dirasa sulit diikuti ketika pembelajaran online.

Feedback yang diterima oleh anggota KKN sangat baik, terlihat dari antusias anak-anak selama mengikuti kegiatan bimbingan belajar ini, mereka datang tepat waktu dan mengikuti kegiatan pembelajaran sampai selesai. 

Program kerjasama kelembagaan ini sangat berdampak positif, dari anak-anak panti asuhan sendiri memiliki respon positif dan sangat senang terhadap pembelajaran ini,karena mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dari sekolah dengan mudah. 

Anak-anak panti asuhan juga sangat menyukai model pembelajaran yang diadakan oleh mahasiswa KKN RDR 77 UIN Walisongo kelompok 34.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan