Mohon tunggu...
Ayu GayatriSiswondo
Ayu GayatriSiswondo Mohon Tunggu... A Dreamer, Thinker, and Listener

Kadang kerja, kadang jalan-jalan, kadang tidur-tiduran saja.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Tradisi Upacara 17 Agustus ala Jokowi yang Tak Boleh Hilang

13 Agustus 2019   15:53 Diperbarui: 13 Agustus 2019   16:05 215 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tradisi Upacara 17 Agustus ala Jokowi yang Tak Boleh Hilang
kumparan.com

Memasuki bulan Agustus, berbagai sudut di pelosok negeri ini mulai berhias dan bersiap untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Euforia 17-an sudah terasa dari lingkungan rumah hingga Istana Negara. Berbicara Upacara HUT RI di Istana Negara yang selalu kita saksikan melalui layar kaca, ada yang berbeda sejak era kepemimpinan Presiden Jokowi.

Sejak kepemimpinan Presiden Jokowi, Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus menjadi sesuatu yang semakin ditunggu-tunggu masyarakat dan menjadi momen tak terlupakan. Setidaknya ada beberapa tradisi baru yang dipopulerkan Presiden Jokowi di hari kemerdekaan setiap tahunnya.
Berikut hal-hal baru menjadikan Upacara 17-an semakin menarik untuk diikuti dan disimak:

1. Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi
Sejak 3 tahun terakhir, ada sebuah tradisi baru yang baru ada semenjak era kepemimpinan Jokowi, yaitu Sang Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi yang diarak dari Monumen Nasional (Monas) hingga ke Istana Merdeka. Arak-arakan atau kirab ini telah dilakukan sejak tahun 2016 oleh pasukan khusus yang mengenakan baju adat dan berkuda. Hal ini sebagai wujud simbol penghormatan kepada lambang negara yaitu Saka Merah Putih dan Teks Proklamasi.

2. Pakaian Adat
Sejak tahun 2017, ada yang berbeda dari Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Istana Negara. Ya, seluruh peserta upacara termasuk Presiden dan Wakil Presiden memakai pakaian adat dari seluruh daerah di Indonesia. Kebijakan ini menurut Presiden Jokowi untuk menunjukkan budaya Indonesia yang sangat beragam karena memiliki ratusan pakaian adat dari berbagai daerah. Betul juga, kekayaan bangsa kita ini adalah adat dan budayanya yang sangat beragam. Presiden Jokowi ingin kita terus menjaga dan merawat identias bangsa ini. By the way, tahun ini Pak Jokowi pakai baju adat dari daerah mana ya??? Jadi penasaran...

3. Pertemuan Antartokoh Bangsa
Sejak era Presiden Jokowi, Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan juga tak terlupakan karena menjadi momentum pertemuan antartokoh bangsa. Saat Upacara HUT RI ke-72 di tahun 2017, para tokoh bangsa dan presiden Indonesia terdahulu berkumpul mengenakan pakaian adatnya masing-masing. Rasanya adem sekali melihat para tokoh yang membangun bangsa ini duduk bersama merayakan kemerdekaan.

Presiden Jokowi kembali mendapatkan kepercayaan untuk memimpin Indonesia selama 5 tahun lagi hingga tahun 2024. Tradisi-tradisi baik di atas baiknya tak boleh hilang dan harus diteruskan karena memiliki nilai-nilai kebangsaan yang baik.

Presiden Jokowi memang memaknai segala kebijakan dan keputusannya, sehingga apa yang telah ditorehkan bisa dirasakan hingga generasi-generasi berikutnya. Well, seperti slogan dan tema tahun ini, kita harus optimis mewujudkan SDM Indonesia yang makin unggul menuju Indonesia Maju! Selamat HUT RI ke-74!!! Dirgahayu Indonesia.. Merdeka!!!

VIDEO PILIHAN