Mohon tunggu...
Ayu GayatriSiswondo
Ayu GayatriSiswondo Mohon Tunggu... A Dreamer, Thinker, and Listener

Kadang kerja, kadang jalan-jalan, kadang tidur-tiduran saja.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Ayo Hidup Sehat Seperti Pak Jokowi!

13 Maret 2019   18:55 Diperbarui: 13 Maret 2019   19:12 105 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ayo Hidup Sehat Seperti Pak Jokowi!
(BIRO PERS SETPRES)

"Mens sana in corpore sano, Dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat."

Semboyan tersebut rasanya cocok menggambarkan Presiden Jokowi. Bagaimana tidak, beliau itu seperti tidak ada capeknya setiap hari berkunjung dari satu daerah ke daerah lain. Di banyak wawancara dan ngobrol dengan Pak Jokowi, seringkali beliau ditanya soal rahasia agar selalu sehat, segar, dan bugar. Beliau mengatakan kuncinya adalah makan makanan yang sehat, olahraga rutin, dan jangan lupa ibadah. Yup, sederhana kedengarannya, tapi sangat sulit dilakukan, apalagi buat kita yang memiliki rutinitas dan pekerjaan berat setiap harinya.
 
Setiap harinya Pak Jokowi memulai rutinitas dengan sholat subuh. Kemudian mengkonsumsi makan-makanan sehat ala rumahan yang beliau gemari, seperti tahu dan tempe, tak lupa sayur yang banyak. Pak Jokowi juga rutin minum jamu, biasanya temulawak dan jahe yang baik bagi kesehatan hati (lever) dan juga keseluruhan tubuh kita. Selain makan makanan yang sehat, beliau juga rutin berolahraga. Tak heran beliau sangat enerjik ketika blusukan ke berbagai daerah, dari Sabang hingga Merauke, dari memantau proyek infrastruktur hingga mengecek kestabilan harga-harga di pasar rakyat. Wah, luar biasa sekali Pak Jokowi ya.

Di akhir pekan beliau biasanya berolahraga, mulai dari lari atau jalan santai, bermain bola, dan olahraga panahan yang beliau gemari. Biasanya Pak Jokowi berolahraga di sekitaran komplek Kebun Raya Bogor sambil menyapa warga Bogor yang berkunjung kesana. Dengan didampingi keluarga, Pak Jokowi juga hobi sekali bermain dengan cucu-cucunya yang menggemaskan, Jan Ethes dan Sedah Mirah. Di banyak kesempatan seperti saat persiapan Asian Games dan Asian Para Games tahun lalu, Pak Jokowi juga kerap berolahraga bersama para atlet. Alhasil tubuh pun sehat, jiwa dan pikiran juga sehat.

Selain mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan istirahat cukup, beliau juga tidak lupa beribadah. Karena ibadah membuat jiwa sehat dan pikiran menjadi tenang. Pak Jokowi menjadi sosok panutan kita semua yang mengajarkan bahwa kesehatan sangat penting. Beliau tidak akan bisa memimpin negeri sebesar ini tanpa kesehatan yang prima.

Semoga kita semua bisa meneladani Pak Jokowi yang selalu makan makanan sehat dan sederhana, tidak perlu neko-neko yang penting cukup dan berolahraga rutin sehingga aktivitas dan pekerjaan sehari-hari lancar, dan yang paling utama adalah bahagia karena selalu dikelilingi optimisme, energi positif dari rakyat Indonesia dan keluarga tercinta.
Ayo Hidup Sehat Seperti Pak Jokowi!

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x