Mohon tunggu...
Ayu Fitmanda Wandira
Ayu Fitmanda Wandira Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UPNVY

Makhluk yang akan nolep jika tanpa sambatan :v

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Merasa Terganggu karena Stres? Coba Kenali Dulu Tanda-Tanda yang Sering Kamu Alami

12 September 2020   18:07 Diperbarui: 13 September 2020   10:22 305 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merasa Terganggu karena Stres? Coba Kenali Dulu Tanda-Tanda yang Sering Kamu Alami
Ilustrasi stres yang mengganggu (Foto: pngwing.com)

Halohaaa.. Apa kabar semua? Sebelumnya kita sudah pernah membahas cara mengelola stres sesuai saran WHO agar bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan stres yang ada. Ternyata untuk mengetahui apakah kita sedang mengalami stres, kita bisa melihat tanda-tanda yang sebenarnya sudah muncul dari dalam diri kita. Para ahli menyimpulkan bahwa tanda-tanda tersebut bisa dilihat dari 3 sisi. Apa saja sih tanda-tandanya?

1. Stress Physics

Tanda-tanda stres bisa terlihat dan mengakibatkan perubahan pada fisik kita. Gejalanya pun bermacam-macam. Salah satunya kita menjadi mudah lelah padahal sedang tidak melakukan pekerjaan yang melelahkan. 

Bisa juga kita merasa pusing dan mual-mual tanpa sadar penyebabnya apa. Stres juga terkadang bisa menjadi penyebab timbul gatal-gatal di kulit. 

Gejala-gejala tersebut bisa jadi dialami sekaligus oleh beberapa orang, tetapi bisa juga hanya satu atau dua tanda saja yang dialami oleh seseorang. 

Selain itu, ada juga gejala stres yang sudah umum sekali dialami oleh sebagian orang, yaitu naiknya asam lambung. Untuk orang-orang yang sangat rentan mengalami naiknya asam lambung ketika stres, pasti kebayang dong gimana gak enaknya menderita rasa sakit karena asam lambung naik.

2. Stress Emotional

Nah, gejala yang kedua ini lumayan sering juga ya dialami oleh manusia-manusia rawan stres. Ketika stres menghampiri, banyak perubahan yang terjadi dari segi emosional

Biasanya, orang-orang yang seperti ini akan merasa mudah marah karena sulitnya mengontrol emosi yang dipicu dari gangguan stres yang ada. Selain itu, ada juga tanda-tanda lain seperti merasa selalu sedih, murung, dan tidak bahagia. 

Bisa juga terkadang orang yang sedang mengalami stres tiba-tiba menangis sendiri tanpa sebab. Terkadang, rasa stres itu juga bisa menyebabkan seseorang merasa sendirian di dunia ini, merasa tidak ada yang mengerti keadaannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x