Mohon tunggu...
Ayu Martaning Yogi A
Ayu Martaning Yogi A Mohon Tunggu... Lainnya - Just ordinary girl

Menyukai Dunia Literasi, Tertarik pada Topik Ekonomi, Sosial, Budaya, serta Pengembangan Diri

Selanjutnya

Tutup

Financial

Milenial Persiapkan Tabungan Haji, Why Not? Kenalan Dulu Yuk dengan Tabungan Haji Danamon Syariah!

10 Oktober 2020   20:10 Diperbarui: 10 Oktober 2020   20:22 99 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Kementerian Agama RI

Umat muslim tentu ingin menginjakkan kakinya di Kota Makkah. Baitullah yang berada di kota itu menjadi destinasi dambaan setiap muslim untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji. Namun ternyata, antrean untuk menunaikan ibadah haji cukup lama dan panjang.

Antrean di Indonesia mencapai 11 sampai dengan 39 tahun. Antrean tercepat adalah Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara, dan Maluku yakni 11 tahun, sedangkan antrean terlama selama 39 tahun adalah provinsi Sulawesi Selatan.  

Hal tersebut sesuai data dari Kementerian Agama pada bulan Februari 2019. Bayangkan bila saat ini kita berusia 25 tahun dan baru saja mendaftar untuk pergi haji, paling cepat kita baru akan berangkat ketika usia kita 36 tahun tahun. Hmm, terbayang bukan betapa lamanya kita harus menunggu?

Tak hanya tentang panjangnya antrean serta biaya yang harus dikeluarkan, namun ibadah haji juga memerlukan kesiapan fisik. Rukun haji seperti tawaf mengelilingi Ka'bah, serta sa'i atau lari-lari kecil di antara bukit Shafa dan Marwah butuh kekuatan fisik yang baik agar ibadah juga maksimal. Kekuatan fisik saat kita berusia 30-40 tahunan tentu berbeda dengan usia 70-80 tahunan. Mengingat haji juga memerlukan kekuatan fisik, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkannya sedini dan semuda mungkin.

Menjadi haji muda bukan suatu masalah, bahkan Bank Danamon Syariah dapat memfasilitasinya. Terdapat dua jenis Tabungan Haji Danamon Syariah yang dapat dipilih untuk mendukung rencana berhaji yaitu melalui Rekening Tabungan Jemaah Haji (RTJH) atau Tabungan Rencana Haji IB. Lalu apa sih perbedaan kedua produk tabungan tersebut?

Sumber: danamon.ac.id        
Sumber: danamon.ac.id       
RTJH merupakan produk tabungan yang sekaligus memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk melakukan pendaftaran ibadah haji. Proses pendaftaran dilakukan nasabah dengan cara melakukan setoran awal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp25 juta rupiah. Keuntungannya, sistem Bank Danamon Syariah untuk produk RTJH telah terkoneksi dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Kementerian Agama RI. Usia minimal untuk dapat mendaftar adalah 12 tahun, tentu hal ini mendorong haji muda di Indonesia. Kabar baiknya lagi, proses pembukaan tabungan RTJH dapat dilakukan di semua cabang Bank Danamon.

Sumber: danamon.ac.id
Sumber: danamon.ac.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan