Mohon tunggu...
Ika Ayra
Ika Ayra Mohon Tunggu... Penulis - Penulis cerpen

Antologi cerpen: A Book with Hundred Colors of Story (jilid 1) dan Sewindu dalam Kota Cerita

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Sup Mie dengan Ubi Orens, Menu Sahur Berkuah Hangat yang Praktis

4 April 2023   23:06 Diperbarui: 4 April 2023   23:15 1449
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sup Mie dengan Ubi Orens|foto: dokpri

Salam bahagia, Sahabat pembaca sekalian!

Sudah punya menu pilihan untuk sahur beberapa jam ke depan? Kalau belum (dan meskipun sudah), saya menawarkan sebuah menu sederhana dan praktis yang resepnya saya dapatkan dari kawan baru asal Sulawesi Barat.

Sajian ini beliau menyebutnya sup ubi, yaitu kudapan sore hari bersama teman-teman sebelum beliau bertolak ke "Kota Kayu" Samarinda beberapa waktu lalu. 

Alkisah suatu hari yang mendung, kawan ini bersiap-siap memasak sup ubi dan berharap saya datang seperti biasa.

Saya memang datang, karena saya menyewa tempat di depan toko beliau untuk berjualan es buah segar. Artikelnya saya sertakan di bawah ini yaa ....

Bahwa ada potensi turun hujan saat itu, saya tetap optimis dan menggelar lapak seperti biasanya.


Ternyata salah satu rezeki yang saya dapatkan adalah ajakan mencicipi semangkuk sup ubi orens yang di dalamnya juga ada mie instant. Duh, bagaimana rasanya? Pikir saya kala itu.

Mungkin karena cuaca yang mendukung dan keramahan kawan ini, saya jadi ketagihan dan sudah dua kali mencoba resepnya.

Kebetulan mystery chalenge hari ini menentukan Kompasianer membuat kreasi mie untuk santap sahur, maka saya memilih menu ini karena cocok untuk menggugah selera dan hangat.

Langsung saja saya tuliskan bahan untuk membuatnya dan langkah-langkah meraciknya yaa ....

Bahan sup mie dengan ubi orens

  • Ubi jalar warna orens, kupas, cuci bersih, lalu potong-potong dadu. Berapa jumlahnya, sesuai selera Sahabat yaa
  • Mie instan, boleh rasa dan jenis apa saja yang penting suka
  • Telur rebus, ataupun ayam suwir, boleh
  • Bahan pelengkap: daun bawang, seledri, kacang goreng, bawang goreng, tomat merah, udang kering, sambal, irisan jeruk nipis, kecap, sesuai pilihan selera

Langkah meraciknya, sederhana:

  • Rebus/kukus ubi jalar orens yang sudah dikupas, dicuci bersih, dan dipotong dadu. Setelah matang, sisihkan
  • Rebus sejenak mie instant, hindari over cook
  • Tuang mie dan kuah ke dalam mangkuk saji, masukkan ubi, bumbu mie instant
  • Tambahkan bahan pelengkap sesuai selera Sahabat
  • Sup mie dengan ubi orens siap disantap

Dapat dilihat juga dalam reels akun Instagram saya, ika_ayraamirah berikut ini yaa ....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun