Mohon tunggu...
Awwalia fitrotin izza
Awwalia fitrotin izza Mohon Tunggu... Write and read

A woman with a human nature

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Minimalisme di Tengah Materialisme

26 Agustus 2020   00:04 Diperbarui: 26 Agustus 2020   00:07 32 5 0 Mohon Tunggu...

Di era yang serba materialistik ini menjadi seorang minimalis mungkin bukan pilihan yang populer. Apalagi hidup di tengah hiruk-pikuk masyarakat urban yang syarat akan penampilan glamor dan adu gengsi. Namun untuk beberapa orang menjadi minimalis adalah suatu pilihan yang tepat.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hidup ala minimalis, izinkan saya membahas mengenai Diderot Effect untuk mengetahui mengapa orang sering membeli barang yang mereka inginkan bukan yang mereka butuhkan. 

Diderot effect memberi artian di mana ketika kita membeli satu barang maka akan menciptakan konsumsi yang berantai dan akan membawa kita untuk membeli satu barang lagi yang bahkan sebelumnya tidak kita butuhkan agar merasa puas dan bahagia. 

Mari kita ambil contoh, anda telah menabung berbulan-bulan dan sekarang anda bisa membeli coat Gucci dengan harga jutaan rupiah. Selesai anda bepergian dengan coat tersebut anda menggantungnya di tempat biasa. Kemudian anda memandangi dengan seksama coat tersebut ditengah lemari dan rak anda yang berbebu. 

Kemudian anda mulai berpikir untuk membeli rak dan lemari baru agar bisa match dengan coat Gucci anda. Setelah itu anda juga membeli karpet dari Turki dengan harga yang tak kalah mahal. Lalu tempat tidur anda terasa sangat kuno berada ditengah-tengah barang mewah lain. 

Kemudian TV 14 inci anda terasa sangat kecil dan usang, belilah TV plasma yang paling baru berukuran 32 inci. Akhirnya semua barang-barang dikamar anda kini menjadi baru dan mahal, namun isi saldo di rekening anda tinggal Rp. 100.000.

Sejatinya, sifat dasar manusia adalah menambah, mengumpulkan, memperbarui dan membangun. Minimalisme diciptakan untuk melawan sifat-sifat dasar itu dengan menyingkirkan hal-hal yang berlebihan dan cenderung tidak bermanfaat. 

Namun, minimalisme tidak hanya melulu tentang menghemat uang dan waktu anda. Mengaplikasikan minimalisme juga membantu anda untuk lebih fokus dan kreatif, ini adalah salah satu cara agar anda lebih sukses dalam hidup. 

Semua orang dapat membuat formulasinya sendiri untuk menciptakan hidup minimalis. Baiklah, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyingkirkan semua gangguan dan fokus pada hal-hal penting untuk mencapai tujuan anda.

Hal-hal berikut ini mungkin dapat di aplikasikan untuk anda yang ingin mulai hidup minimalis. Belilah barang untuk diri anda sendiri bukan untuk orang lain. 

Kebanyakan orang-orang apalagi setelah adanya media sosial membeli barang untuk ditunjukkan kepada orang lain agar orang lain respek atau sekedar menunjukkan bahwa dirinya telah sukses. Hal-hal seperti ini cenderung memberi anda kesempatan untuk menambah dan mengumpulkan barang yang akan menciptakan Didderot Effect

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x