Mohon tunggu...
Wahyu Ali J
Wahyu Ali J Mohon Tunggu... Penulis - Bebas

Life Path Number 11 [08031980]

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hari Ini Bulan Februari

21 Februari 2021   22:20 Diperbarui: 21 Februari 2021   22:48 120
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


21:15
Aku mulai mengetik. Aku biarkan saja mengalir apa yang terpikir, aku biarkan juga huruf demi huruf terbentuk hasil dari ketikan tangan yang ke kiri, ke kanan, lalu naik ke atas ataupun turun ke bawah.

21:17
Aku melihat waktu, lalu aku lanjutkan ketikanku. Dua menit yang ternyata berlalu begitu cepat, dua menit yang ternyata bisa terketik beberapa baris tulisan.

21:19
Aku teringat, karena belum terlalu lama aku membukanya. Ya, maksudku adalah kompasiana. Sarana menulisku kurang dari setahun belakangan ini, tempatku membaca juga sekalian menemukan ide-ide cemerlang, dari para penulis yang lainnya selain aku tentunya.

21:21
Oh ya, hari ini kan tanggal 21 Februari 2021. Hari Bahasa Ibu Internasional kan ya? nah... tepat di jam 21 lebih 21 menit, aku mengetik tentang Hari Bahasa Ibu.

21:23
Dear Diary, eh maksudku diari... terima kasih ya, malam ini lagi dan lagi kamu menemaniku. Catatan ringan aku ketik, dan tentunya hari ini adalah satu hari yang sangat penting mengenai Bahasa Ibu.

21:25
Sebagai warga negara yang semoga saja nilainya adalah baik meskipun tidaklah istimewa, aku sangat bangga dengan bahasa persatuan yang adalah Bahasa Indonesia.

Di sisi lain aku juga bersyukur, karena bahasa keseharian yang aku cukup kuasai hingga detik ini, adalah Bahasa Ibu. Kan Ibu yang sedari kecil berkenan mengajarkan tata cara berbahasa yang baik pun sopan adanya.

Diari... aku kan terlahir di Kota Bandung Jawa Barat. Bahasa keseharianku tentunya adalah bahasa sunda. Satu bahasa yang untuk aku sebagai pribadi, mana boleh aku meninggalkannya, mana mungkin aku akan bisa melupakannya.

Bahasa adalah bagian dari sejarah yang harus dilestarikan, bahasa adalah warisan budaya. Bahasa adalah cara untuk bisa saling merasa. Bahasa adalah upaya untuk kami ataupun kita, bisa bekerjasama pun saling peka sesuai tata krama ataupun norma-norma.

21:37
Diari... tulisan ini, eh maksudku ketikan ini adalah artikel ke 252 yang aku bisa tulis lalu akan aku unggah, selama aku sangat menikmati keseruan berkompasiana.

Semoga ada sisi manfaatnya, selain memang bagiku secara pribadi, satu artikel ini adalah salah satu artikel yang istimewa, karena bertepatan dengan Hari Bahasa Ibu Internasional.

"Wilujeng wengi, mugia rahayu sagung dumadi salawasna kanggo sadayana. Aamiin."

Bandung, 21 Februari 2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun