Mohon tunggu...
Awaludin Rauf Firmansyah
Awaludin Rauf Firmansyah Mohon Tunggu... ITS K56 - Penggemar Sepak Bola, Sejarah, dan Seni

Just Sharing

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ulasan EPL 30: Lingard Melejit, Persaingan Empat Besar Makin Sengit

6 April 2021   06:33 Diperbarui: 6 April 2021   07:35 257 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ulasan EPL 30: Lingard Melejit, Persaingan Empat Besar Makin Sengit
Selebrasi Lingardinho (Source : The Indian Paper)

Liga Inggris kembali, Chelsea dapa Kejutan !

Jeda Internasional yang berlangsung kurang lebih dua pekan telah berakhir dan liga inggris pun kembali di mulai sejak sabtu malam waktu Indonesia. Matchday ke 30 pekan ini dibuka dengan laga antara Chelsea kontra klub zona merah West Brom di Stamford Bridge. 

Tampil dengan formasi 3-4-2-1 dengan Timo Werner sebagai ujung tombak, The blues berhasil memecah kebuntuan di menit ke 27 lewat gol Pulisic memanfaatkan bola muntah sepakan bebas Marcos Alonso. Namun sayang, dua menit berselang petaka hadir bagi skuad asuhan Tuchel tatkala Thiago Silva mendapat kartu kuning kedua setelah melakukan pelanggaran kepada Okay Yokuslu. Alhasil WBA cukup percaya diri dan membuat bek Chelsea kerepotan. Hingga akhirnya di Injury Time, brace Matheus Pereira membalikkan keunggulan bagi WBA, skor 1-2.

Momen kartu merah Silva (Source : bbc.co.uk)
Momen kartu merah Silva (Source : bbc.co.uk)
Di babak kedua, keunggulan pemain benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh Pereira dkk, dalam waktu 5 menit The Baggies makin menenggelamkan Chelsea lewat  dwigol brilian Callum Robinson dan Mbaye Diagne. Beberapa menit kemudian harapan bagi The Blues hadir ketika secara tidak egois Timo Werner memberikan peluang gol nya kepada Mason Mount yang tentu saja bisa dikonversi dengan baik tuk menipiskan ketertinggalan menjadi 2-4. 

Tak mau setengah-setengah, Pasukan Sam Allardyce benar-benar membuat Chelsea kembali ke bumi setelah di Injury time berhasil mencetak gol kelima kali ini lewat gol kedua Callum Robinson. Kemenangan 2-5 merupakan tripoin ke-4 bagi WBA di musim ini dan kini hanya berselisih 5 angka saja untuk keluar dari zona merah. Sedangkan bagi The blues hasil minor ini membuat posisi di 4 besar belum aman dan bisa saja disalip oleh West Ham (49 poin) yang baru akan bermain selasa dinihari waktu Indonesia.

Di laga lain, Derby Yorkshire antara Leeds United dengan Sheffield United berkesudahan 2-1 untuk kemenangan skuad asuhan Marcelo Bielsa. Menjadi tim tuan rumah, Leeds tampil menyerang sejak peluit dibunyikan. Hasilnya pada menit ke 12 tusukan Raphinha di sisi kanan berhasil dimaksimalkan dengan baik oleh Jack Harrison tanpa mampu diantisipasi oleh Aaron Ramsdale. 

Selepas gol tersebut Sheffield pun mencoba bangkit dan bahkan mampu membalas di Injury Time lewat sontekan Ben Osborn setelah kemelut di kotak penalti Leeds. Di babak kedua Leeds memastikan tripoin mereka lewat sumbangsih gol bunuh diri Phil Jagielka yang tak mampu lagi dibalas oleh punggawa Sheffield. Dengan hasil ini kedua tim masih belum beranjak pada posisi masing-masing di tabel klasemen Premier League.

Duel menarik di papan atas juga tersaji pada sabtu malam yang mempertemukan tim tuan rumah Leicester (peringkat 3) dan sang pemuncak klasemen Manchester City. City yang memasang Kun Aguero, Mendy, dan Laporte dalam skema rotasi sebenarnya unggul lebih dulu lewat sepakan luar kotak penalti Fernandinho. 

Namun gol sang kapten harus dianulir karena Aguero yang berada di posisi Offside berdiri didepan menghalangi pandangan Kasper Schmeichel. City terus menerus menguasai bola di babak pertama dan tak memberi kesempatan Leicester untuk bisa mengontrol permainan. City juga memberikan beberapa ancaman lewat sepakan bebas De Bruyne yang menerpa mistar dan tendangan kaki kiri Mahrez yang mampu dimentahkan Schmeichel. Hingga babak pertama usai skor masih sama kuat 0-0. 

Di babak kedua kebuntuan City akhirnya pecah setelah Benjamin Mendy dapat memanfaatkan kemelut di kotak penalti lewat sepakan kaki lemahnya yang tak mampu dihadang Schmeichel. Skuad Guardiola bahkan dapat menggandakan keunggulan di menit-74 lewat gol Birthday Man, Gabriel Jesus setelah menerima assist Raheem Sterling. Skor 2-0 untuk keunggulan City membuat jarak dengan rival sekota melebar menjadi 17 poin sementara The Foxes tetap di posisi 3 dengan 56 poin dari 30 laga.

Selebrasi Gol Diogo Jota (Source : Standard.co.uk)
Selebrasi Gol Diogo Jota (Source : Standard.co.uk)
Pada dini hari waktu Indonesia, Liverpool kembali membuktikan kualitas nya ketika bertandang ke kandang lawan. Korban kali ini adalah tim asal kota London Arsenal yang tak bagus-bagus amat musim ini. Memainkan Trio Firmansah sejak awal laga, Liverpool cukup mendominasi meski akhirnya di babak pertama skor kacamata yang didapat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN