Mohon tunggu...
Awaludin Rauf Firmansyah
Awaludin Rauf Firmansyah Mohon Tunggu... ITS K56 - Penggemar Sepak Bola, Sejarah, dan Seni

Just Sharing

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ulasan UCL: Bayern-City Menang Mudah, Atletico Kembali Menyerah

18 Maret 2021   06:23 Diperbarui: 18 Maret 2021   06:32 66 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ulasan UCL: Bayern-City Menang Mudah, Atletico Kembali Menyerah
Selebrasi Hakim Ziyech (Sumber : Greenock Telegraph)

Leg kedua babak 16 Besar Liga Champions pekan ini dibuka oleh laga yang mempertemukan Manchester City dengan Borussia Monchengladbach di Puskas Arena Budapest. Seperti biasanya, rotasi menjadi andalan utama Pep pada laga kali ini dengan mengusung mode false-nine yang menempatkan Kevin de Bruyne di depan dan didampingi oleh Mahrez di kanan serta Foden di kiri. 

Gladbach pun juga tak mau ketinggalan dengan menempatkan duet Breel Embolo dan Marcus Thuram di depan alih alih memainkan Alassane Plea yang telah mengemas 5 gol di UCL sejauh ini. Sejak menit awal, kedua kesebelasan sudah menerapkan strategi ofensif dengan peluang matang dari kedua kubu yang dapat ditepis dengan baik oleh Ederson maupun Yann Sommer. 

Aksi Raheem Sterling (Sumber : Manchestereveningnews)
Aksi Raheem Sterling (Sumber : Manchestereveningnews)

Keshahihan taktik false nine ala city berhasil menemui tuahnya ketika dalam rentang waktu 7 menit berhasil mencetak dua gol lewat sepakan kaki kiri Kapten Kevin de Bruyne serta lesatan Gundogan memanfaatkan assist Phil Foden. Keunggulan 2 gol City bertahan hingga babak pertama usai. Di babak kedua, Gladbach mencoba menyerang untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan namun masih bisa diantisipas dengan baik oleh barisan solid Ruben Dias dkk. 

City bukan tanpa peluang di babak kedua, berbagai percobaan Riyad Mahrez masih melebar di sisi kanan gawang Yann Sommer. Praktis hingga wasit menghentikan laga City berhasil mengamankan kemenangan dengan agregat 4-0 plus meraih istiqamah dalam hal nibobol sejak laga pekan kedua menghadapi Marseille di fase grup.

Selebrasi gol Ramos (Sumber : Telegraph)
Selebrasi gol Ramos (Sumber : Telegraph)

Pada laga yang berjalan paralel, Real Madrid yang di leg perdana berhasil mencuri kemenangan tipis di Italia kembali menunjukkan tajinya dengan menghempaskan Atalanta dengan skor 3-1 di Stadion Alfredo di Stefano. Zinedine Zidane menurunkan tim utamanya sejak awal laga minus Eden Hazard yang harus absen akibat cedera hingga akhir musim. Papan skor baru berubah di menit ke 33 tatkala Karim Benzema memecah kebuntuan Madrid lewat gol nya yang berawal dari kesalahan Marco Sportiello, skor 1-0 bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua Real Madrid terus menekan atalanta dengan berbagai peluang termasuk peluang emas yang disia-siakan oleh Vinicius Jr yang sedikit melebar dari gawang Atalanta. Namun tak butuh waktu lama Vinicius akhirnya berhasil memberi andil atas gol kedua Madrid lewat eksekusi penalti Sergio Ramos hasil dari pelanggaran Rafael Toloi kepada Vini. 

Di sisi lain kredit juga harus diberikan kepada Thibaut Courtois yang melakukan dua save krusial terhadap peluang matang Duvan Zapata sebelum akhirnya Atalanta berhasil membobol gawangnya via sepakan bebas Luis Muriel di menit 82. Madrid kembali menambah gol kali ini lewat sontekan pemain pengganti Marco Asensio ke tiang dekat Atalanta, Skor 3-1. 

Hingga tambahan waktu tak ada lagi gol yang tercipta sekaligus mengukuhkan kemenangan agregat 4-1 untuk tim ibukota. Hasil ini menjadi kelolosan perdana Real Madrid ke 8 besar pasca ditinggal Critiano Ronaldo tahun 2018 lalu yang mana pada 2 edisi terakhir Madrid disingkirkan oleh Ajax dan Manchester City pada babak 16 besar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x