Mohon tunggu...
awalpermata
awalpermata Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

saya menyukai menulis dan bercerita

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

UMKM Naik Kelas dengan Beriklan secara Digital

3 Desember 2022   18:27 Diperbarui: 3 Desember 2022   18:52 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kita sebagai pelaku UMKM seperti AwalPermata harus bisa jeli dalam melihat bagaimana cara terbaik untuk mempromosikan produknya agar lebih dikenal oleh khalayak luas lagi, terlebih produk yang AwalPermata kembangkan adalah rekayasa bioteknologi untuk mengembangkan bibit unggulan dalam bidang pertanian.

Pemilihan media promosi terbaik adalah dengan menggunakan iklan digital yang mudah dan dapat menjangkau lebih banyak audiens dan calon kostumer yang baru.

Iklan menjadi salah satu media promosi terbaik yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis UMKM dengan memanfaatkan iklan sebagai media promosi menjadi salah satu strategi marketing terbaik yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh sebuah bisnis. Oleh karena itu, peran iklan menjadi sangat penting bagi peningkatan aktivitas bisnis.

Setiap bisnis pasti memiliki tujuan spesifik yang berbeda-beda, tetapi sebagian besar dari bisnis akan berusaha untuk mencapai pertumbuhan aktivitas dengan menjangkau lebih banyak konsumen dan meyakinkan mereka untuk membeli produk dan jasa yang di tawarkan. Untuk melakukan ini secara efektif, sebuah bisnis harus memanfaatkan berbagai sumber daya pemasaran dan teknologi terkini yang banyak digunakan oleh audiens bisnis tersebut. Internet menduduki peringkat teratas di dalam daftar itu. Ini membuat setiap bisnis membutuhkan pemasaran secara digital.

Peningkatan pengguna internet terjadi sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Pada tahun 2022 saja ada sekitar 200 juta masyarakat Indonesia telah aktif menggunakan Internet sebagai media hiburan, media pekerjaan, dan berbagai urusan lainnya. 

Audiens Internet yang sedemikian besar memilikii potensi tinggi sebagai media untuk menampilkan iklan. Berbagai jenis iklan ditawarkan untuk dapat menjangkau audiens ini. Seperti contohnya iklan Pay per Click (PPC), Iklan Video, Promoted Ads, Sponspored Content dan lain sebagainya.

Tersebarnya UMKM di berbagai daerah di Indonesia dapat mendukung adanya pemerataan tingkat perekonomian masyarakat, terlebih pada daerah terpencil. Inilah salah satu peran UMKM dalam perekonomian Indonesia. Terlebih jika UMKM seperti awalpermata telah mencoba mempromosikan atau mengiklan produknya di Internet akan menciptakan ekosistem ekonomi yang luar biasa besarnya.

Terdapat tiga peran UMKM atau kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil, sarana mengentaskan kemiskinan, dan sarana pemasukan devisa bagi negara. Sejatinya UMKM sumbang devisa bagi negara sebab pasarnya tidak hanya menjangkau nasional melainkan hingga ke luar negeri.

Melihat potensi akan besarnya pengguna internet akan sangat berdampak luar biasa sebagai pelaku UMKM untuk mempromosikan produk barang dan jasanya agar lebih dikenal serta terjual lebih banyak lagi. Penjualan melalui internet membuat produk UMKM bisa dilihat dan menjangkau seluruh Indonesia bahkan dunia. 

Berbeda dengan iklan yang ditampilkan pada media konvensional, salah satu kelebihan terbesar iklan online adalah kemampuan interaktifitas yang dimilikinya. Seorang pengguna yang kebetulan melihat sebuah iklan dapat dengan segera menghubungi penyedia produk dan layanan yang diiklankan. Hal ini tentu berbeda dengan iklan yang ditampilkan pada media televisi dimana audiens tidak dapat secara langsung berinteraksi dengan bisnis.

Pemilihan platform terbaik untuk berikalan secara digital adalah Infomo yang merupakan Transparent Direct Performance Marketing sebuah perusahaan periklanan digital yang fokus pada performance marketing. Infomo memberikan UMKM solusi periklanan yang sepenuhnya transparan, sangat efisien dan mendorong hasil yang lebih baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun