Mohon tunggu...
Azzahara Zuhra
Azzahara Zuhra Mohon Tunggu... Pecinta Coklat

Seorang freelancer, blogger, writer, jomblower yang aktif menulis di situs ilmupengetahuan.id

Selanjutnya

Tutup

Hobi

5 Beladiri Paling Populer di Dunia

23 Juni 2019   11:39 Diperbarui: 25 November 2019   10:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

5 Jenis Beladiri Paling Populer Di Dunia - Apakah diantara kamu ada yang suka film action? atau ada yang ikut beladiri? atau jangan jangan kamu seorang guru beladiri? Apapun itu, kali ini seperti judul yang sudah kita lihat bersama, kita akan mengupas 5 jenis beladiri paling populer di dunia. Yang tentunya akan semakin menambah wawasan para pembaca sekalian.

Namun sebelum itu, kami ingin mengingatkan para pembaca untuk terus online di kompasiana. Sebab, kami akan selalu menghadirkan informasi terbaru setiap harinya, yang akan menghilangkan dahaga para pembaca yang haus akan ilmu bermanfaat. Baiklah, langsung saja kita simak penjelasan selengkapnya mengenai 5 jenis beladiri paling populer di dunia berikut ini.

5 Jenis Beladiri Paling Populer Di Dunia

1. Tinju

Siapa sih yang tidak pernah menyaksikan tinju? Meski hanya sekilas, mayoritas kita tentu pernah melihat yang namanya pertandingan tinju. Selain populer dikalangan bapak bapak Indonesia, olahraga yang satu ini juga sangat populer hampir di seluruh dunia. 

Hal ini bisa kita lihat dari tenarnya nama para atlet tinju dunia yang mengguncang dunia olahraga. Sebut saja Muhammad Ali, dan Mike Tyson (Malik Abdul Aziz). Dua tokoh legendaris dari dunia tinju ini sering menjadi teladan bagi para atlet olahraga dunia, baik dari cabang olahraga tinju maupun diluar tinju. Dan sedikit banyaknya, aksi dari kedua tokoh ini mampu mengangkat popularitas olahraga tinju hingga seperti saat ini.


2. Jiu Jitsu

Jiu Jitsu adalah olahraga beladiri yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Memiliki ciri khas serangan dengan memanfaatkan tenaga dari lawan adalah sifat dari olahraga yang satu ini. 

Sanking tenarnya tehnik beladiri Jiu-Jitsu, di Indonesia sendiri telah berdiri organisasi Jiu-Jitsu sejak tahun 1950 yang didirikan oleh Bapak Ferry Sonneville. 

Dan perlu diketahui, lahirnya olahraga Aikido dan Judo tidak lepas dari tehnik beladiri Jiu-Jitsu. Karena Aikido dan Judo sendiri adalah bentuk pengembangan tehnik yang berasal dari olahraga beladiri Jiu-Jitsu.


3. Taekwondo

Beladiri paling populer di dunia ke3 adalah taekwondo. Seni beladiri asal korea ini mempunyai ciri khas serangan yang terfokus pada gerakan kaki alias tendangan. Kata taekwondo sendiri berasal dari 3 suku kata, yaitu "Tae" berarti tendangan, "kwon" berarti tinju, dan "do" berarti seni atau jalan. 

Di Indonesia sendiri, taekwondo merupakan salah satu cabor beladiri paling diminati, dan semakin naik daun ketika salah seorang pemegang sabuk hitam termuda Indonesia, sekaligus seorang bankir profesional mempromosikan taekwondo secara besar besaran di Indonesia.


4. Karate

Beladiri yang berasal dari Jepang ini sebenarnya memiliki silsilah dengan tehnik beladiri kempo cina. Di Indonesia sendiri, karate seolah menjadi ikon bagi cabor olahraga beladiri. Bahkan tidak sedikit anak anak yang ingin masuk perguruan karate hanya karena ingin jago berkelahi. 

Image petarung bagi seorang karatedo sangat lekat dimata masyarakat Indonesia, oleh sebab itu, banyak sekolah dan perguruan tinggi memasukkan cabor karate kedalam daftar ekstrakurikuler pendidikannya, karena yakin bahwa karate sangat efektif untuk melatih kemampuan beladiri.

Baca Juga :


5. Muay Thai

Beladiri paling populer di dunia yang berada dalam daftar terakhir kita adalah muay thai. Seni beladiri ini ditemukan sekitar abad 19, dan dikenal sebagai seni beladiri yang memiliki rangkaian serangan berbahaya serta mematikan. 

Ciri khas muay thai bisa kita kenali dari pola serangannya yang brutal, Baik itu serangan lutut, hantaman siku, pukulan kepalan, hingga tendangan tumit dan tulang kering.

5 Jenis Beladiri Paling Populer Di Dunia

Bagaiman? Tertarik ingin mencobanya? Terlepas dari kepopuleran seni beladiri diatas, tujuan pokok seseorang mempelajari ilmu beladiri adalah untuk melindung diri dari ancaman marabahaya disekitar kita. 

Dan sebaik baik tehnik dalam melindungi diri dari bahaya adalah dengan berdoa dan memohon perlindungan dari yang maha kuasa. Sekian pembahasan kita kali ini mengenai 5 jenis beladiri paling populer di dunia. Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. terima kasih. Assalamu'alaikum.

VIDEO PILIHAN