Mohon tunggu...
Avi Tiara Oki Herawati
Avi Tiara Oki Herawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang Mencari Kesibukan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030123

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

5 Tips Menjadi Diri Sendiri

27 Mei 2022   21:42 Diperbarui: 27 Mei 2022   21:58 206 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
pict by : greatmind.id

Menjadi diri sendiri adalah sebuah proses dimana kita berusaha untuk mengenal diri kita lebih dalam lagi. Ini bukan soal nama, ini bukan soal latar belakang keluarga, ini bukan soal lingkungan disekitar kita, namun juga segala hal yang bisa dilakukan oleh diri kita sendiri.

Misalkan kita punya kelebihan dan kemampuan yang mana orang lain belum tentu memiliki kemapuan yang seperti itu, dan ini memang harus kita gali dalam diri kita. Begitupun sebaliknya misalkan orang lain mampu melakukan sesuatu namun kita tidak mampu seperti orang lain.

Nah, ini harus kita tahu dan barulah kita bisa menjadi diri sendiri. Selain itu cita-cita dan keinginan kita tau dan kita bisa ukur ketika kita sudah mengenal diri kita sendiri dan menjadi diri kita yang seutuhnya.

Bayangkan saja di luar sana banyak orang yang tidak percaya diri dan tidak yakin dengan kemampuan yang dimilikinya karena mereka belum mampu menjadi dirinya sendiri. Mereka tidak percaya dengan kemampuan yang mereka miliki. Yang menjadi tolak ukur dia bukan dirinya sendiri melainkan orang lain. Karena orang lain bisa melakukan a, bisa melakukan b, dan mereka terpacu atau fokus pada orang lain.

Sedangkan kemampuan yang ia miliki tidak dilirik sama sekali. Sehingga akan menjadi bangkai yang tidak terurus. Karena kemampuan kita atau skill kita jika tidak diasah dengan baik dan lama-lama jika dibiarkan akan musnah. Maka dari itu mari kita belajar menjadi diri kita sendiri.

Terkait hal itu di sini ada lima cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi diri kita sendiri. Apa saja caranya, yuk simak penjelasannya.

Pertama, temukan passion mu. Apakah anda tahu apa yang dimaksud dengan passion?

Secara garis besar banyak orang menyimpulkan passion ini adalah apa yang sering kita lakukan secara terus-menerus tapi kita senang dan kita gembira. Walaupun sejatinya kita nggak dapat uang dari situ, kita nggak dapat materi dari situ, tapi kita senang.

Banyak orang menyebutnya itu adalah sebuah passion. Misalnya Anda sering bernyanyi dengan teman-teman anda walaupun anda nggak dikasih uang sama orang tapi anda tetap senang gitu. Bisa jadi itu merupakan passion anda. Inilah yang harus anda gali. Dengan cara menggali passion Anda seperti itu kemudian dikembangkan dan lama-lama akan menjadi jati diri anda.

Kedua, Anda harus menciptakan bukan mengikuti. Apakah anda tahu perbedaan antara pencipta dan pengikut. Jadi pencipta itu adalah seorang kreator, yang membuat sesuatu sedangkan orang yang mengikuti biasa kita sebut dengan followers. Ada orang berkarya diikuti seperti di Instagram sebagai followers. Padahal kita juga mampu seperti orang lain. Dan kita juga memiliki kemampuan seperti orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan