Amri Munthe
Amri Munthe

Saya seorang Tour Operator di Aurora Wisata Tour & Travel, Medan~Indonesia. Kami menyiapkan paket-paket wisata dalam dan luar negeri. Produk Utama kami adalah paket wisata medan, paket tour danau toba, paket wisata taman simalem resort, paket tour pulau samosir, dan lain-lain

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Medan Kota Wisata

14 September 2018   13:13 Diperbarui: 14 September 2018   13:41 158 0 0

Kota Medan sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Utara memiliki aneka keunikan dan keuntungan multi dimensional, mulai dari letak geografis hingga persoalan kultural yang berdampak positif bagi perkembangan kota ini dalam upaya mencapai kemajuan masyarakat Kota Medan khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Ada pameo yang kami nilai keliru di tengah masyarakat luar Kota Medan tentang eksistensi sosio-kultural masyarakat Kota Medan, di mana sebagian masyarakat luar Medan seringkali berasumsi bahwa Kota Medan selalu identik dengan suku Batak sebagai salah satu suku dominan penghuni Kota Medan, sehingga salam "Horas" selalu ditempelkan menjadi representasi dari masyarakat Kota Medan.

Asumsi ini sesungguhnya tidak salah secara mutlak, namun sedikit keliru sebab dalam beberapa dasa warsa belakangan bahwa sensus penduduk Kota Medan yang terakhir menunjukkan bahwa suku Batak tidak menempati posisi teratas dalam hal komposisi penduduk menurut suku. Bukan itu saja, suku Melayu yang sesungguhnya adalah penduduk asli Kota Medan tergeser lebih jauh dibandingkan dengan suku Batak dan suku lain. Suku terbanyak yang menghuni Kota Medan adalah suku Jawa (40%) dan ini merupakan kelompok terbesar, disusul etnis Tionghoa 24% dan suku Batak 23,58%.

Kami katakan bahwa "Horas" tidak sepenuhnya salah bila dilekatkan dengan Kota Medan karena Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara, sedangkan penduduk terbesar di Sumatera Utara adalah suku Batak yang terdiri dari beberapa sub etnik seperti Batak Toba, Batak Angkola, Batak Mandailing, Batak Karo dan lain-lain. Namun menjadi salah bilamana penggunaan kata "Horas:" dilekatkan dengan Kota Medan bila dianggap bahwa Kota Medan dihuni oleh mayoritas suku Batak. 

Yang menarik bagi kami bukanlah soal Batak atau tidak Batak, melainkan kami melihat ada sebuah potensi besar dari pembauran yang terdapat di Kota Medan dapat dijadikan sebagai sebuah kekuatan untuk menjadikan Kota Medan sebagai kota wisata yang handal dalam berbagai pelayanan. Terbukti bahwa Kota Medan telah dikenal sebagai kota wisata yang sangat diminati oleh wisatawan lokal dan manca negara. Paket tour Medan yang didesain oleh Travel Agent Medan sesungguhnya telah menjadi sebuah jawaban yang kongkrit bagi pertumbuhan pariwisata di Kota Medan. Kami melihat dengan pembauran etnis yang terjadi di Kota Medan, terciptalah potensi besar yang menjadi sebuah power yang kuat misalnya wisata kuliner Medandan wisata edukasi  Medan.

Pemerintah Kota Medan juga senantiasa memberikan sumbangsih yang cukup besar untuk membina destinasi wisata di Kota Medan termasuk wisata sejarah yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari programpaket city tour medan seperti Istana Maimun, Mesjid Raya Al-Mashun, Gedung Kantor Pos Besar dan lain-lain. Sedangkan wisata kuliner saat ini sangat beragam, mulai masakan khas bercitarasa tinggi hingga oleh-oleh berupa makanan dan minuman seperti Markisa Famili Noerlen, Bika Ambon dan aneka kue oleh-oleh khas Medan.