Mohon tunggu...
Media

Sudah Berkualitaskah Video Anda?

26 Februari 2019   18:16 Diperbarui: 1 Maret 2019   13:18 0 0 0 Mohon Tunggu...
Sudah Berkualitaskah Video Anda?
Sumber: rawshorts.com

Video merupakan rekaman gambar hidup yang salah satunya dapat ditayangkan melalui pesawat televisi. Seiring dengan perkembangan waktu, video tidak hanya bisa diunggah di pesawat televisi, namun bisa melalui media lain salah satunya ialah youtube.

 Youtube memungkinkan siapapun untuk bisa berbagi video. Jika anda memasuki laman youtube, anda bisa menemukan berbagai macam video dengan konten yang beragam, dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan kita.

Seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang memproduksi dan mengkonsumsi video, muncul juga berbagai aplikasi untuk mengedit video. Aplikasi-aplikasi tersebut memungkinkan produser video untuk mengedit video sehingga video yang dihasilkan berkualitas.

Berbicara tentang video berkualitas, lantas apa kriteria untuk suatu video dapat dikatakan berkualitas? Menurut saya berikut adalah beberapa kriteria yang dapat digunakan untuk menilai kualitas video.

Yang pertama dari teknis gambar. Video yang baik menurut saya memiliki gambar yang jelas (tidak buram), selain itu pengambilan gambarnya tidak monoton tetapi diambil dengan tiga cara yakni close up, medium dan long shoot. Kemudian perpindahan antar scene nya berkesinambungan. Tone warna pada gambar juga enak dilihat mata, tidak terlalu mencolok.

Kedua, video biasanya terdapat unsur gambar dan audio. Video yang baik tentu memiliki audio yang baik juga. Suara dalam video dapat terdengar dengan jelas, antara gambar dan suara suara.

Bila kedua hal di atas menyangkut segi teknis, maka dari segi non teknis juga terdapat beberapa kriteria yang menurut saya dapat dikategorikan sebagai syarat suatu video dikatakan berkualitas. yang pertama yakni dari cerita dalam video. Cerita dalam video yang baik menurut saya yakni yang memiliki konsep yang menarik dan berbeda dari video-video lain. Cerita tersebut dapat dipahami penonton dan bisa membawa penonton turut serta dalam cerita tersebut.

Selain dari segi cerita, masyarakat biasanya menyukai film atau music video, atau video apapun berdasarkan siapa yang berperan di dalamnya. Saya pun sependapat dengan hal itu. 

Menurut saya, video yang baik harus memiliki cerita dan pemeran yang baik. Pemeran dikatakan baik apabila dalam berakting tidak kaku, karakter tokoh dapat tersampaikan, pemeran benar-benar menjadi orang lain dalam video tersebut, selain itu pemeran bisa menyampaikan isi pesan dari cerita tersebut.

Setelah mengetahui kriteria suatu video yang berkualitas, yuk buka youtube berikut kemudian simak pembahasan mengenai contoh video berkualitas dalam link podcast yang ada!!


Podcast: https://soundcloud.com/user-703355869/video-berkualitas/s-W7A0V

KONTEN MENARIK LAINNYA
x