Mohon tunggu...
Syafiq Aulia
Syafiq Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswa yang ingin mengeluar ide kreatifnya dalam sebuah tulisan

Ingin membuat konten terkait kegiatan yang dilakukan selama KKN

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Mahasiswa KKN TIM II Undip Kenalkan Alarm Pendeteksi Kebocoran Gas Elpiji pada Warga Kelurahan Purwoyoso

10 Agustus 2022   14:00 Diperbarui: 10 Agustus 2022   14:10 219 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Mahasiswa KKN Undip, Syafiq Aulia (Kiri), dengan Warga RW 01, Bapak Zulkarnain (Kanan). Dokpri

Semarang (17/07/2022) – Kebakaran merupakan bahaya yang dapat terjadi dimana saja. Salah satunya dilingkungan perumahan. 

Penyebab kebakaran yang dapat terjadi di perumahan salah satunya disebabkan oleh kebocoran gas elpiji. Untuk mencegah terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh kebocoran gas elpiji, dapat dilakukan berbagai cara seperti menggunakan regulator gas dengan pengaman dan menggunakan alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji.

Mahasiswa KKN Undip, Syafiq Aulia, sedang melakukan sosisalisasi pengenalan alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji. Dokpri
Mahasiswa KKN Undip, Syafiq Aulia, sedang melakukan sosisalisasi pengenalan alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji. Dokpri

Oleh karena itu, Syafiq Aulia, Mahasiswa KKN TIM II 2021/2022 Universitas Diponegoro, Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik (FT) melakukan sosialisasi mengenalkan alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji sederhana kepada warga RW 01 di kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang pada hari Minggu (17/07/2022).

Mencoba memberi pemahaman terkait komponen yang diperlukan dalam pembuatan alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji sederhana dan cara kerja dari alarm tersebut.

Tampilan Alarm Pendeteksi Kebocoran Gas Elpiji Sederhana yang Dibuat Oleh Mahasiswa KKN Undip, Syafiq Aulia. Dokpri
Tampilan Alarm Pendeteksi Kebocoran Gas Elpiji Sederhana yang Dibuat Oleh Mahasiswa KKN Undip, Syafiq Aulia. Dokpri

Dalam melakukan pengenalan alarm ini juga disampaikan prinsip kerja dari alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji ini cukup sederhana, dan diberitahukan bagaimana skema pemasangannya. 

Untuk membuat alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji sederhana dibutuhkan beberapa komponen, yaitu transistor BC557, IC 7805, buzzer 3-24V, resistor 1000 ohm, saklar on/off, baterai 9V, pcb bolong, dan tentunya sensor gas MQ2 yang berfungsi untuk mendeteksi gas elpiji yang bocor. Sensor gas MQ2 ini ketika mendeteksi gas elpiji akan menyebabkan buzzer aktif sehingga mengeluarkan bunyi yang nyaring.

Selanjutnya mahasiswa berharap dengan diadakannya sosialisasi pengenalan alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji sederhana ini, warga yang telah disosialisakan akan menyebarkan pengetahuannya dan dapat membuat masyarakat kelurahan Purwoyoso dapat membuat alarm pendeteksi kebocoran gas elpiji sendiri dan memasangnya di rumah mereka masing – masing.

Penulis : Syafiq Aulia (S1 Teknik Elektro)

DPL : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, M.M, M.A.

Lokasi KKN : Kelurahan Purwoyoso, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan