Mohon tunggu...
Aulia Sabila
Aulia Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang Mahasiwa/Pelajar

Selamat Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 202: Pembelajaran Daring, Efektifkah?

28 Juli 2021   22:09 Diperbarui: 28 Juli 2021   22:29 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada awal masuknya Covid - 19 ini pemerintah meliburkan semua kegiatan diantaranya perkantoran dan sekolah selama 2 minggu untuk mencegah kasus penularan Virus Covid - 19 ini yang semakin hari perkembangannya semakin meningkat. Dikarenakan penanganan yang belum optimal dan masyarakat yang terkena Virus Covid - 19 ini terus bertambah, maka pemerintah mengambil keputusan untuk memperpanjang libur dengan belajar dirumah. 

Segala upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid - 19 ini dengan melakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) dan juga PPKM ( Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ).

Pandemi Covid - 19 ini berakibat besar salah satunya dunia pendidikan terdampak imbas yang sangat besar di masa pandemi ini. Kegiatan belajar mengajar yang seharusnya dilakukan disekolah harus digantikan dengan belajar dirumah melalui sistem daring dengan memanfaatkan aplikasi pendukung seperti Zoom Conference Meeting, Google Meeting,Google Clasroom,dll.

Dengan adanya aplikasi pendukung ini adalah upaya pendidik dan peserta didik untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar tanpa harus bertatap muka disekolah. Pembelajaran daring atau online juga mempunyai beberapa kekurangan diantaranya pembelajaran yang terkadang terkendala oleh sinyal dan tidak semua peserta didik memiliki fasilitas ( ponsel,laptop, dan tablet ) yang menunjang untuk pembelajaran daring ini, sehingga peserta didik tidak dapat menerima materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik secara maksimal.

Peserta didik yang sudah terbiasa dengan metode pembelajaran tatap muka disekolah akan mengalami kesulitan dengan diterapkannya pembelajaran daring ini yang awalnya pendidik bisa berinteraksi langsung oleh peserta didik kini pendidik hanya bisa menjelaskan dan memberi tugas secara daring hal ini membuat peserta didik sedikit kebingungan karena kurangnya penjelasan yang jelas serta interakasi dengan pendidik, tetapi mau tidak mau peserta didik harus memahami apa yang sedang dijelaskan oleh pendidik.

Dengan cara ini pendidik harus lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media pembelajaran yang nantinya akan dijelaskan kepada peserta didik yang bertujuan supaya peserta didik dapat lebih mudah dalam menerima materi yang dijelaskan, dengan seiring berjalannya keteknologian dan media pendukung yang semakin berkembang banyak cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan membuat video animasi yang mengeluarkan visual serta audio sehingga terlihat menarik dan tidak membosankan, power point dibuat semenarik mungkin penuh dengan warna yang bisa membuat peserta didik antusias pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Serta materi yang sudah disiapkan dan diharapkan peserta didik bisa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan oleh pendidik. 

Oleh : Aulia Sabila - S1 Pendidik Teknik Mesin Universitas Pendidikan Indonesia ( Kelompok 15 KKN Tematik UPI Bumi Siliwangi ) 

DPL : Dr. Yulianti Fitriani, S.Pd., M.Sn.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun