Mohon tunggu...
Aufaa Muhammad Irsyaad
Aufaa Muhammad Irsyaad Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa IAIN Jember

COGITO ERGO SUM (AKU BERPIKIR, MAKA AKU ADA)

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Creative Learning

18 Mei 2020   16:03 Diperbarui: 18 Mei 2020   16:00 142 10 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Creative Learning
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bismillah, Alhamdulillah semoga kita selalu dalam keadaan yang cukup dan tidak kurang satu apapun.

Kali ini penulis akan sedikit membahas beberapa pembelajaran yang kreatif yang telah ditemukan oleh beberapa guru dan dapat dicontoh oleh guru yang lainnya.

Pembelajaran adalah suatu proses (cara, perbuatan) menjadikan belajar. Sedangkan Kreatif adalah memiliki kemampuan untuk mencipta.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kreatif adalah suatu proses menjadikan seseorang untuk belajar serta memiliki kemampuan untuk mencipta.

Akhir-akhir ini ditengah pandemi yang sedang mewabah di Negara kita menjadi tantangan tersendiri bagi guru untuk dapat mendidik para peserta didiknya, maka dari itu muncullah ide-ide kreatif dari para guru tersebut untuk mendidik peserta didiknya agar tidak jenuh dan tetap semangat dalam belajar.

Seperti yang terjadi di JATENG, ada seorang guru yang memanfaatkan aplikasi TIKTOK untuk pembelajaran. Guru tersebut bernama Titik Nur Istiqomah, beliau memiliki ide tersebut karena berawal dari bagaimana cara menciptakan pembelajaran yang menyenangkan meskipun kondisi lagi seperti ini (ditengah pandemi). Namun beliau juga berpesan kepada orang tua peserta didik agar selalu mendampingi putra-putrinya dalam proses pembelajaran sehingga ada sinergi yang terintegritas antara orang tua dan juga dewan guru dan ini diharapkan peserta didik dapat memahami materi-materi yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan tersebut.

Menurut saya, guru-guru yang kreatif semacam ini pantas dan layak untuk mendapatkan penghargaan yang tinggi dari berbagai pihak, sehingga diharapkan akan terus menambah motivasi dari guru tersebt dan guru yang lainnya agar selalu dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sehingga peserta didik merasa lebih nyaman dan dapat memahami materi yang disampaikan.

Kalau menurut tanggapan anda bagaimana? coba tuliskan di kolom komentar ya :)

Semoga bermanfaat :)

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

TTD, penulis.

Aufaa Muhammad Irsyaad

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN