Mohon tunggu...
Audi Moslem
Audi Moslem Mohon Tunggu... lainnya -

Dengan kesenian aku hidup, dengan menulis hidupku punya arti.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Ketika Kita Berpikir untuk Menyerah dalam Mengejar Impian

1 April 2015   00:16 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:42 125
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Hidup di dunia ini udah 25 tahun lebih gw jalanin, udah banyak hal yang lewat begitu aja, salah satunya ya impian. Dulu waktu jaman kuliah gw punya banyak kegiatan, yah apapun itu, dari naik gunung, main sepeda gunung, main musik, pameran, gambar, organisasi dan segala aktivitas waktu luang yang produktif.Gw punya banyak hal yang pengen gw rencanain kedepan, gw pengen kuliah di luar negeri, keliling Indonesia sendirian sampe hidup di jalanan, dapet kerjaan yang sesuai dengan hobi, main musik sampe panggung besar dan mungkin bisa mapan di usia kurang dari 30 tahun, mapan dalam arti gw ga perlu takut lagi nanti gw bakal menghabiskan masa tua gw dimana, gw ga perlu takut menghadapi masa depan. Mapan bukan berarti kita banyak duit atau segala hal dalam hidup bakal terpenuhi, mapan juga soal mental kita dalam menghadapi dunia, empati kita, segala aktivitas kita bisa bermanfaat buat diri sendiri, keluarga dan orang lain."

Sekarang gw kerja di persahaan media cukup terkenal di Indonesia, gw kerja di industri pertelevisian, gw ga pernah bayangin kalo gw bakal kerja di media. Dari beberapa perusahaan kecil sampe yang besar dalam waktu 2 tahun gw akhirnya tiba disini. Impian gw waktu lulus kuliah adalah bisa lanjut kuliah di luar negeri, cuman kayaknya gw kurang berusaha keras. Yaudah deh gw kerja dulu kesana kemari, itung-itung gw penuhin kebutuhan hidup gw. Gw jarang minta sama orang tua, jadi mungkin jaman gw sekolah sampe kuliah gw pake alat penunjang kebutuhan sehari-hari yang biasa aja. Maklum hidup di keluarga sederhana, jadi ya semuanya apapun harus berhemat. Di tempat kerja sekarang gw banyak nerima tantangan, mulai dari gw harus menguasai beragam keterampilan sampe harus banyak eksperimen mencoba sesuatu yang baru, kayak contohnya gw sekarang rutin garap video mapping yang sering tampil di stasiun televisi tempat kerja sekarang, dan masih banyak hal baru lainnya yang harus gw kuasain, mulai dari penguasaan alat broadcast sampe segala macem sistemnya yang kayaknya ribet banget.

Mungkin sekarang gw harus mengalah sama hidup gw, cita-cita yang gw pengen belum kejadian, umur terus bertambah, dan keinginan mendapatkan sesuatu dalam jangka waktu yang sudah diinginkan mungkin kandas begitu aja. Waktu terus berjalan dan tanpa pilihan kita harus menyelesaikan semua tantangan yang ada di hadapan kita. Lagian semuanya ga begitu buruk ketika kita memandang semuanya ke bawah, bahkan lebih bawah lagi. Nyokap selalu bilang kalo gw masih muda, ya masih muda hehehee…. Makin kesini gw makin sadar kalo mungkin gw dulu kurang berusaha keras, gw masih manja sama diri sendiri, banyak hal yang gw lupain. Lagian sekarang juga ga begitu buruk, gw malah ga nyangka kalo tuhan banyak menyiapkan kejutan-kejutan yang gak akan pernah gw bayangin. Mungkin karena kita berusaha merendahkan ego kita dan berserah diri. Gw gak mau menyalahkan takdir, masa depan selalu punya jawaban tentang apa yang kita lakukan di masa lalu, ketika kita menanam yang sekarang memetiknya. Yang jelas buat elo yang mungkin sama kayak gw, yang jelas kita ambil aja kesempatan yang ada didepan mata, berusaha dulu sampe titik penghabisan, walaupun kadang harus menanggung kritik, cemooh,malu atau hal lainnya. Yang penting kita berusaha untuk terus maju, bukan hanya stuck di posisi tertentu.

Siapapun kita, semuanya udah tergaris di telapak tangan. Apapun yang kita dapatkan ya disyukuri aja. Gw pengagum banyak tokoh politik, pemikir, seniman dan revolusioner besar, kayak Steve Job, Plato, Nabi Muhammad, Fidel Castro, Che guevarra, Hugo Chavez, Gaddafi, Jacobo Arbenz, Soekarno, Tan Malaka,John F.Kennedy, Einstein, Picasso, Raden Saleh, Ismail Marzuki dan lainnya yang banyak banget. Jalan pikir gw mungkin sedikit banyak mengambil dari hidup mereka, seperti gw pengen bergerilya, berkarya dan berpolitik dengan ideologi yang kreatif ehhehe… tapi apa artinya gw, cuman seorang anak yang lahir dari keluarga biasa dan gak terkenal, sekarang mungkin gw cuma harus bersyukur aja bisa bermanfaat buat orang di sekitar gw. Apapun kita, kita cuman manusia biasa yang ga bisa ngambek sama tuhan, semua kehedak kita adalah keputusan kita pribadi. Yah jalan terbaik sekarang aja, “ya jalanin aja, masalah cuman soal waktu”. Salut buat kalian yang punya tujuan dan cita-cita yang akhirnya tercapai, mungkin diraih dengan usaha yang sangat keras. Mungkin ini cuma renungan sesaat, mari benahi mimpi selagi masih punya nyawa, hidup di dunia cuman sebentar, itu bener banget, hidup kita bisa berakhir kapan aja, jangan terpedaya sama masa muda karena mati gak harus berumur tua, bisa menghampiri siapa aja dan kapan aja, jadi buat apa sombong dan cepat berpuas diri, ayo pacu diri, jangan terpengaruh dengan rasa nyaman dan berhenti begitu saja, dunia luas banget nih, seengganya selama hidup pernah tau kalo dunia punya banyak keindahaan yang sangat beragam, bukan lewat slogan, berita atau program televisi, tapi bener-bener merasakan semuanya ada di depan mata, dan menghirup udara di sekelilingnya, dari situ kita tahu kalo tuhan begitu maha besar heuheuheue…

-Audi

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun