Mohon tunggu...
Auda Zaschkya
Auda Zaschkya Mohon Tunggu... Penulis - Perempuan. Pernah jadi wartawati.

Realita adalah Inspirasiku Menulis

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

[Imlek Komed] Semarak Perayaan Imlek di Kota Medan

6 Februari 2019   13:00 Diperbarui: 6 Februari 2019   13:04 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perayaan Imlek setiap tahunnya adalah perayaan yang tentunya ditunggu-tunggu  oleh etnis Tionghoa di Indonesia, apalagi sejak Almarhum Mantan Presiden Abdurrahman Wahid memerintah, beliau menetapkannya sebagai hari libur nasional. Seluruh warga etnis Tionghoa, penuh suka cita menghadapi momen setahun sekali ini, khususnya di berbagai Wihara yang  turut membersihkan lokasi, termasuk patung Buddha.

dokpri
dokpri
Seluruh Indonesia, pasti ramai saat jelang Imlek, tak terkecuali di Kota Medan. Di kota multietnis ini, sejak minggu ke tiga bulan Januari, walaupun belum begitu ramai, di berbagai pasar seperti Pasar Sukaramai, terlihat beragam aksesoris Imlek yang didominasi warna merah dan emas.

Menurut para pedagang yang sempat saya tanyai beberapa waktu lalu saat saya masih liputan, momen ini terus berulang setiap tahunnya. Masyarakat etnis Tionghoa jelang imlek begini katanya, tumpah ruah ke pasar. Tentunya, ornamen dan aksesoris Imlek yang dibeli, tak sedikit. Wajar saja, ini hari besar.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Tak hanya di pasar, di pusat perbelanjaan lain seperti mall, semarak perayaan imlek juga terasa. Dari luar saja, pintu masuk mall dihias dengan klenteng mini merah lengkap dengan aksesoris lainnya. Tak lupa lampion warna merah-emas dan bunga sakura. Di sini, pengunjung bebas berfoto. Tak hanya anak-anak, orang dewasa tak mau ketinggalan mengabadikan momen ini.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Masuk ke dalam mall, dominasi lampion mini dan aksesoris lainnya, juga menghiasi bazar di dalam mall. Tak cukup di situ, di setiap toko juga ada aksesoris imlek. Semarak warna merah dan emas mendominasi mall.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Selain itu, Imlek juga identik dengan atraksi Barongsai. Nah, ketika saya bertugas di lapangan beberapa waktu lalu, saya juga ditugaskan untuk mewawancarai pelatih dan mereka yang mengikuti atraksi ini. Karena saya penasaran, siang bolong, saya cari rumah pelatihnya. Eh sampai di sana, rumahnya terkunci. Kata para tetangga, mereka saat jelang imlek ini, akan berlatih di salah satu perumahan yang didominasi oleh etnis Tionghoa. Saya ke sana juga. Ternyata belum mulai. Kata pedagang sekitar, saya disuruh kembali lagi sekira pukul 19.30 WIB.

Karena saya orangnya tepat waktu, saya sampai di lokasi pukul 19.00 Wib. Ternyata pelatihnya belum datang. Yang ada hanya anak-anak yang akan berlatih. Saya lihat, tak semua anak yang ikut atraksi ini, bermata sipit. Obrol punya obrol, ternyata mereka bukan anak komplek tersebut (anak luar komplek), yang tak merayakan imlek. 

Mereka berkata, ikut dalam atraksi Barongsai itu adalah demi hobi dan melestarikan seni yang sudah ada di Medan. Singkat cerita, pukul 20.00 -- 22.00 WIB mereka latihan, tak ada wajah terpaksa. Semua mereka lakukan demi kesenangan hobinya. Begitu pula yang dikatakan pelatihnya, tak ada paksaan apapun kalau ingin itu atraksi ini. Tak ada beda. Kalau salah ya tetap salah. 

Malah anak-anak sekitar perumahan itu, begitu bersemangat dengan latihan ini. Beberapa hari kemudian kata sang pelatih, grup atraksi Barongsai mereka akan tampil di beberapa tempat, termasuk Mall. Dan benar saja, saat saya ingin meliput kemeriahan imlek di mall, anak-anak yang saya temui beberapa malam sebelumnya, bermain di sana. Mereka terlihat begitu bersemangat. Tentu saja, Barongsainya pun berwarna merah dan Emas.

Saya jadi penasaran, kenapa dua warna itu yang selalu identik dengan Imlek. Yang saya tahu, sesuai dengan yang dikatakan para penjual di Pasar Sukaramai tadi, kedua warna ini melambangkan kebahagiaan. 

Tak berbeda juga dengan pendapat beberapa warga Kota Medan yang beribadah di beberapa Vihara seperti Vihara Setia Budi dan Vihara Gunung Timur. Menurut mereka, setiap Imlek, mereka memiliki harapan kemakmuran dan kebahagiaan sepanjang tahun. Harapan tersebut, tentu saja sama seperti yang semua kita harapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun