Mohon tunggu...
MOHAMMAD ATTAQILLA FIRDAN
MOHAMMAD ATTAQILLA FIRDAN Mohon Tunggu... Wiraswasta - Mahasiswa

Mahasiswa S1 Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya

Selanjutnya

Tutup

Worklife

PT Arkatama Multi Solusindo Menyambut Mahasiswa MSIB dengan Onboarding

20 Februari 2023   21:28 Diperbarui: 20 Februari 2023   21:32 419
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
PT Arkatama Multi Solusindo Menyambut Mahasiswa MSIB dengan Onboarding

Peserta Magang Bersertifikat Digital Transformation Services (DTS) Batch 3


Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu program dari delapan program implementasi kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah berjalan dari tahun 2021 lalu. Program ini menjadi ruang untuk mahasiswa dalam menggali pengalaman dunia kerja yang profesional. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Direktur jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam, bahwasannya dalam dunia kerja ada banyak hal yang perlu diketahui selain dari pembelajaran di kelas, buku perpustakaan, dan studi labolatorium. Maka dari itu program MSIB ini menjadi sarana mahasiswa untuk terjun langsung di dunia kerja profesional dan menjadi pengalaman yang sangat penting bagi mereka.

Pelaksanaan onboarding MSIB Batch 4 yang telah dilaksanakan pada Kamis, 16 Februari 2023 ini memberikan banyak informasi dan materi yang menarik. Sebanyak 26.206 mahasiswa yang diterima menjadi peserta MSIB dengan sebaran sebesar 80% mahasiswa mendapatkan penempatan di pulau Jawa. Universitas Brawijaya menduduki peringkat pertama dalam perguruan tinggi pengirim peserta diterima terbanyak. Hal ini menunjukkan bahwa minat dunia kerja yang tinggi di pulau jawa ini juga diminati para mahasiswa.

Mrs. Dora Songco selaku Bangkit Program Lead, Google. Menjelaskan dalam sesi materi yang berjudul "The Power of Passion and Perseverance" bahwa hal yang ingin kita capai di masa depan bergantung pada hasrat dan daya juang, sehingga dengan program MSIB ini mahasiswa dapat membangun dan mengembangkan karakter tersebut secara langsung dalam kegiatan magang di perusahaan, dengan harapan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di era digital ini.

PT Arkatama Multi Solusindo menjadi salah satu perusahaan mitra yang menampung mahasiswa peserta MSIB Batch 4 ini. Perusahaan ini bergerak dalam bidang Jasa Konsultasi IT dan pembuatan Software House, dimana fokus perusahaan adalah ingin mendampingi transformasi digital di Indonesia. Dengan beberapa layanan seperti pembuatan aplikasi, hardware dan infrastruktur IT, digital marketing, dan IT training centre maka PT Arkatama membuka beberapa posisi magang yang berhubungan dengan layanan tersebut, yaitu Digital Marketing, Documentator and Software Tester, Front-End Developer, dan Full Stack Web Developer.


Pada sesi onboarding perusahaan PT Arkatama yang dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Februari 2023, mahasiswa peserta magang MSIB disambut dengan hangat di gedung Malang Creative Centre (MCC). Bapak Ahsanun Naseh Khudori, M. Kom., selaku Chief Executive Officer PT Arkatama Multi Solusindo memberikan ucapan selamat datang kepada mahasiswa dan memberikan motivasi untuk aktif berkontribusi pada kegiatan magang di perusahaan Jasa Konsultasi IT dan Software House ini.

Beliau menekankan bahwa usaha untuk berkembang dan menjadi lebih baik itu sangat penting agar dalam kehidupan mendatang bisa bertahan dari kesulitan-kesulitan yang akan dihadapi. Bapak Ahsanun Naseh mengutip apa yang disampaikan oleh Imam Syafi'i: "Apabila kamu tidak sanggup menahan lelahnya belajar, maka kamu harus sanggup untuk menahan perihnya kebodohan.". Kutipan tersebut diharapkan bisa membakar semangat mahasiswa untuk lebih giat dalam belajar dan berkembang terutama dalam kegiatan magang MSIB Batch 4 ini.

Sesi selanjutnya yaitu penjelasan silabus magang dari masing-masing posisi magang. Miftakhul Mukarromatun Nisa' selaku Mentor posisi Digital Marketing menjelaskan terkait apa saja yang akan dipelajari dan dikerjakan dalam posisi Digital Marketing, seperti Content Planning, Search Engine Optimization, Copywriting, Content Marketing, Riset data digital, dan Evaluasi interaksi konten. Kompetensi tersebut akan digunakan pada setiap pembagian tim, karena pada posisi magang Digital Marketing ini akan dibagi menjadi 2 tim, yaitu untuk Arkatama, dan AMD Academy.

Beliau lanjut menjelaskan alasan dibaginya peserta magang posisi digital marketing ini ke AMD Academy ini adalah karena merupakan anak perusahan dari PT Arkatama, dimana jasa layanan yang ditawarkan lebih ke pengembangan dan pelatihan skill dengan sertifikasi seperti Digital Marketing, Content Creator, Social Media Marketing, Full Stack Developer, Data Science, dan Website Building. Sehingga mahasiswa bisa belajar sekaligus dari 2 lini produk jasa layanan yang berbeda tersebut.

Setelah pemaparan dari semua posisi magang telah selesai, dan semua pertanyaan mahasiswa peserta magang terjawab pada sesi tanya jawab. Kak Yulia selaku MC pada kegiatan Onboarding tersebut membawakan sesi Fun Games dengan sangat meriah dan menyenangkan. Tujuan dari fun games ini adalah untuk membuat peserta magang saling mengenal teman sesama posisi magang, juga melatih seberapa cepat tim bisa terbentuk dan bekerja sama. Games pertama yaitu peserta dipilih secara random untuk maju dan menyebutkan nama salah satu peserta yang ditunjuk oleh MC, pemilihan ini dilakukan setelah diberi waktu selama kurang lebih 3-5 menit untuk berkenalan. Games kedua adalah tebak gambar, pada game ini pertanyaan gambar disesuaikan berdasarkan posisi magang. Misalnya posisi digital marketing akan mendapatkan gambar berupa logo dari perusahaan dan tools yang sering digunakan dalam kegiatan digital marketing, begitu juga untuk posisi Front-End Developer, pertanyaan gambarnya seperti logo jenis code, tools, dan hal lain yang berkaitan dengan coding.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun