Mohon tunggu...
Rengga Muslim
Rengga Muslim Mohon Tunggu... -

History Educator | Announcer of 107.7 Madani FM | Duta Bahasa Jabar | Translator | Writer | Coffee Addicted | Follow me on twitter @rengga_muslim

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pendidikan untuk Semua?

16 Maret 2014   14:36 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:53 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Berbicara tentang pendidikan, saya  jadi teringat dengan kutipan dari sebuah film berjudul Hall of Fame: The Make Over yang kurang lebih begini bunyinya “you can take  everything  away  for  me  but  you  can’t  take  my  education”  film  tersebut menceritakan  tentang  seorang  perempuan (diperankan: Julia  Stiles) yang  bergelut dalam  persaingan  politik  demi  meloloskan  sebuah Undang-Undang  di  Amerika Serikat untuk memberikan  fasilitas yang menunjang di setiap sekolah bagi anak-anak dengan berkebutuhan khusus. “Siapa saja kapan saja bisa mengambil harta yang kita miliki, harta-benda, anggota keluarga, atau apapun dari kita, tapi siapa pun di dunia tidak dapat mengambil pendidikan dari diri seseorang.”

Mencermati  sekilas  dari  kata-kata di  atas jika direnungkan,  saya  jadi  tersadar bagaimana  pendidikan  itu  begitu  asasi  bagi  seorang  manusia,  dan  bagaimana pendidikan  bisa  menjadi  modal  dasar  bagi seseorang  dalam  menata  kehidupannya hari  ini  dan  di  masa  yang  akan  datang. Hal  tersebut  juga  ditegaskan  dalam  amanat Undang–Undang  RI  Nomor  20  Tahun 2003  pasal  3 tentang  fungsi  pendidikan nasional yaitu:

“Pendidikan  Nasional  berfungsi  untuk  mengembangkan  kemampuan  dan membentuk  watak  serta  peradaban    bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada    Tuhan  Yang Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  dan  menjadi warga negara yang bertanggung jawab.”

Lantas, bagaimana dengan pendidikan kita saat ini, sudahkan pendidikan menjadi yang  asasi  bagi  setiap  orang? Fakta  di  sekeliling  kita  menunjukkan  bahwa  walau pemerintah  telah  mewajibkan  pendidikan 9 tahun  dengan  menggratiskan pendidikan di  sekolah dari  jenjang  SD  sampai SMP dan  bahkan  di  beberapa  daerah  telah  ada yang  sampai 12 tahun sampai ke  jenjang SMA, namun  nyatanya  masih  banyak anak yang  putus  sekolah. Menurut    data    Balitbang    Depdiknas    2004,    angka    putus sekolah  atau  drop-out di  tingkat  SD/MI  tercatat  sebanyak  685.967  anak,  yang berhasil  lulus  SD/MI  tetapi  tidak  melanjutkan  ke  jenjang  SMP/MTs  dan  putus sekolah  di  tingkat  SMP/MTs  sebanyak  759.054  orang1.

Walau  pemerintah  telah membebaskan  biaya iuran sekolah,  namun dalam  segi pengadaan  buku serta  fasilitas penunjang  lainnya  masih  dibebankan  pada  siswa.  Bagi  kelompok  menengah  ke  atas hal tersebut bukanlah sebuah permasalahan, namun berbeda bagi mereka yang berasal dari kelompok miskin yang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sulit. Berdasarkan laporan Education for Al Global Monitoring Report yang diliris oleh UNESCO  2011,  tingginya  angka  putus  sekolah  menyebabkan peringkat Indeks Pembangunan Manusia  (IPM) Indonesia rendah.  Indonesia  berada  di  tingkat  69  dari 127 negara dalam Education Development Index, yang kalah dari Malaysia di urutan 65 dan Brunai 34. Data pendidikan tahun  2010 menyebutkan 1,3 Juta anak usia 7-15 tahun  terancam  putus  sekolah2.

Melihat kondisi pendidikan  saat  ini, permasalahan yang  sebenarnya  tidak  hanya  terletak  pada  sekolah  berbayar  saja,  namun  bila  diurai maka  setiap  elemen  dalam  masyarakat  ini  mau  tidak  mau  akan  ikut  tersangkut. Kondisi  di  masyarakat, keadaan sosio-ekonomi-politik, dan  faktor budaya tak  jarang jadi kendala majunya pendidikan di negeri ini. Dapatkah visi  ‘education  for  all’ atau  ‘pendidikan  untuk  semua’  direalisasikan? Dapatkah kita mengejar ketertinggalan kita dalam segi pendidikan dari negara-negara lain? Banyak orang yang skeptis dengan ini, namun saya masih memiliki sebuah visi dan keyakinan jika konsep education for all ini dapat berjalan dengan baik jika setiap elemen  di  negeri  ini  tidak  hanya  pemerintah  turut  andil  dalam  peningkatan pendidikan  kita. Visi  ini dapat  terwujud apabila  kita dapat  merupah  persepsi  kita tentang  pendidikan  sebagai  sebuah  investasi  nasional,  setiap  orang  di  Indonesia minimal  mereka  akan  memiliki  harta  pendidikan  dalam  dirinya  yang  tidak  akan pernah habis sampai waktu kapan pun.

Pemerataan  pendidikan menurut Schiefelbein  dan  Farrell3 terdiri  dari  beberapa komponen,  meliputi kesetaraan  dalam  memperoleh  kesempatan  yang  sama  untuk masuk  sekolah; Memperoleh  perlakuan  yang  sama saat belajar sampai  dengan  lulus;  Memperoleh  manfaat  dari  pendidikan  yang siswa  ikuti  dalam  kehidupan masyarakat.

Berdasarkan padangan  di atas  menunjukkan  bahwa  pemerataan  pendidikan  tidak hanya  sampai  pada  dibukanya  akses  pendidikan  bagi  semua  orang,  namun  juga ditekankan  tentang  penjagaan  dari  kualitas  pendidikan  itu  sendiri.  Selama  ini pendidikan  kita  terlalu  fokus  pada  pengejaran  target  nilai-nilai  tes dan  cenderung mengabaikan proses. Setiap orang sekarang berlomba-lomba untuk mendapatkan nilai terbaik dalam ujian atau untuk masuk perguruan tinggi, dan cenderung  mengebaikan sisi  subtil  pendidikan di  sekolah yakni  menarik  kebermaknaan  dari  apa  yang  telah dipelajarinya.

Sekolah  berkewajiban  untuk  memberikan  fasilitas  pendidikan  dan  kualitas pengajaran yang baik, dimana setiap anak  dapat belajar dari situasi dan kondisi yang kondusif. Pengalaman  belajar  siswa  di  sekolah  idealnya  dapat  membuat siswa  di untuk  dapat  memahami  dirinya,  hakikat  keberadaannya,  dan  bentuk  peran  apa  yang akan  diambilnya  untuk  lingkungan,  masyarakat,  dan  bagaimana  ia  dapat mempertanggungjawabkan  setiap tindakannya di  hadapan Tuhan.

Berbagai peristiwa dan fenomena di berbagai belahan dunia dari setiap periode perkembangan peradaban manusia menunjukkan  bahwa pendidikan  sangat  penting  sebagai  landasan  berpijak berkembangnya sebuah perdaban. Sejarah  menunjukkan  peradaban-peradaban  maju  ditopang  oleh  pendidikan  yang maju pula, seperti  saat peradaban Islam  mengalami kejayaan, beberapa kekhalifahan seperti  Umayah,  Fatimiyah,  Abbasiyah,  Umayah  Kordova  (Spanyol),  dan  Turki semuanya  memiliki  perhatian  yang  lebih  terhadap  pendidikan.  Pada  saat  bangsa-bangsa Eropa sedang mengalami kemunduran pada zaman kegelapan antara abad ke 4 sd 14  M karena  berada di  bawah dominasi  gereja,  fajar peradaban Islam terbit  sejak abad  ke-7  dan  semakin  meluas  dengan  konsep  pendidikan  yang  merata  dan mendorong kreatifitas dan daya cipta manusia untuk mengembangkan pengetahuan. Beberapa  filsup  terkenal  dari  Muslim  seperti  Ibnu  Sina,  Al-Farabi,  dsb. menjadi bukti  bahwa  pendidikan  sangat  penting  bagi  kemajuan  sebuah  umat.

Pendidikan Indonesia  dapat  bangkit  apabila  segala bentuk  gagasan  ideal  pendidikan  tidak  hanya menjadi  wacana  belaka,  setiap  gagasan  ideal  itu  harus  berwujud  dengan  aksi-aksi yang  nyata. Sebagai  seorang  pendidik  saya  berpendapat  bahwa  peran  ini  dapat dimulai  oleh  para  guru  dengan  memberikan  pengalaman-pengalaman  belajar  yang menarik  dan  dapat  mendorong  atau  memotivasi  siswa  untuk  dapat  menemukan karakteristik  dan  minatnya.  Sekolah dapat  menjadi  pintu  pembuka  bagi  setiap individu  dari  berbagai  kelompok  dan  kalangan  untuk  mendapat  kesempatan  yang sama untuk sukses dan maju. Namun,  semua  gagasan  di  atas  tidak  dapat  terwujud  ketika  siswa  sulit  untuk sekedar datang ke sekolah. Ketika sekolah terkomersialisasikan dan pendidikan yang berkualitas  seolah  hanya  jadi  milik  mereka  yang  berada.  Konsep  semacam  ini  harus dihapus, bahwa  negara  dibantu  dengan partisipasi dari  berbagai  elemen masyarakat dapat  mewujudkan  dan  merealisasikan  pendidikan  yang  berkualitas  dengan  segala penunjangnya bagi setiap anak-anak  Indonesia  dari  berbagai  kelompok  sosial  untuk memperoleh  pendidikan.  Kemiskinan  dan  ketidakmampuan  secara  finansial seharusnya  tidak  menjadi  kendala  bagi  seorang  anak  untuk  dapat  memperoleh  akses terhadap pendidikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun