Daniel Yonathan Missa
Daniel Yonathan Missa Pelayan Pendidikan

Saya anak kampung yang mengabdi sebagai pelayan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Strategi Mengatasi Pengemplangan Pajak

11 Juni 2018   10:15 Diperbarui: 11 Juni 2018   10:27 605 0 0

Barang-barang yang kita beli di Supermarket pasti dikenakan pajak walaupun kecil nilainya, dengan semakin banyak barang yang terjual di Supermarket/Swalayan atau tempat retailer resmi lainnya maka semakin banyak nominal pajak yang menumpuk di perusahaan retailer tersebut, jika pajak yang menumpuk tersebut tidak disetorkan ke pemerintah atau disetorkan tetapi tidak sesuai dengan nominal yang telah diperoleh dari konsumen, maka terjadilah apa yang disebut dengan pengemplangan pajak, itu hanya perusahaan retail, belum lagi perusahaan-perusahaan lainnya

Apa upaya pemerintah dalam menangani permasalahan tersebut di atas?

Menurut saya ada beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh pemerintah untuk mengatasi penumpukan pajak di perusahaan retail, antara lain:

a. Menerapkan sistem "jemput bola"

Meskipun bersifat konvesional tetapi saya yakin cara ini cukup effektif dalam upaya mengumpulkan pajak yang ada di perusahan-perusahan retail. Tekhnisnya, pemerintah membentuk tim khusus yang bertugas menghimpun semua dana pajak setiap bulan di berbagai perusahan retail.

b. Menempatkan perwakilan pemerintah

Pemerintah menempatkan petugas-petugas pemungut pajak di setiap perusahaan retail. Tugasnya jelas yakni sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mengumpulkan pajak.

c. Membentuk/Mempertegas sanksi hukum

Jika belum ada hukum yang mengatur tentang sanksi hukum kepada para perusahaan retail yang menumpuk pajak, maka pemerintah perlu membentuk undang-undangnya. Sebaliknya jika telah ada, maka perlu dipertegas.

d. Pengumuman

Pemerintah mengumumkan perusahaan-perusahaan yang menumpuk pajak di media-media massa berskala nasional. Bahkan bila perlu ada pengumuman yang berisi daftar perusahaan retail yang menumpuk pajak yang ditempel di setiap tempat strategis. Sasarannya jelas sanski sosial. Omsetnya pasti menurun.

e. Pajak Award

Tidak hanya menerapkan sistim punishment tetapi juga reward. Tak salah bila pemerintah mengadakan semacam Pajak Award yaitu ajang pemberian penghargaan pemerintah kepada perusahaan retail yang sama sekali tidak menumpuk pajak. Dan kegiatan tersebut disiarkan secara live oleh media televisi nasional. Hal ini akan menjadi promosi gratis bagi perusahaan penerima penghargaan kepada masyarakat umum. Omsetnya niscaya meningkat.