Mohon tunggu...
Atiek Dewikesumaningsih
Atiek Dewikesumaningsih Mohon Tunggu... Sempoa, Bimbel STUDY CLUB PROBOLINGGO

Lulusan Diploma Brawijaya Malang.

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya

Hati-Hati Menyantap Kurma dan Madu di Bulan Ramadhan

16 April 2021   08:11 Diperbarui: 16 April 2021   08:19 248 3 0 Mohon Tunggu...

Kurma dan madu sangat identik dengan bulan suci Ramadhan. Rasa manis alami kurma dan madu yang rendah kalori sangat baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Kandungan gizinya pun  sangat lengkap, cocok untuk ketahanan tubuh.

Al Quran menyebutkan khasiat madu sebagai obat untuk segala macam penyakit.

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabbmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu         keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesunguhnya pada         yang demikian itu benar-benar terdapat pada (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan."   (Q.S. An-Nahl ayat 69)

Selain khasiat madu, Al-Qur-an juga menyebutkan  khasiat  kurma.

"Dan goyanglah pangkal  pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak ke arahmu. Maka makan,         minum dan bersenang hatilah kamu."  (Q.S. Maryam ayat 25)

Dari kedua ayat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Allah telah menyediakan makanan dan minuman yang baik bagi manusia, yaitu madu dan kurma.

Keistimewaan madu dan kurma juga diperkuat dengan beberapa hadis, diantaranya "Siapa saja yang pada pagi hari memakan tujuh buah kurma aliyah tidak akan terkena racun atau sihir pada hari itu." (H.R. Al Bukhari) dan "Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al-Quran." (Sunan Ibnu Majah, j.II.h.1142, hadis nomor 3452, Bab Madu)

Menurut catatan para ahli gizi, kurma dan madu memang memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh. Tidak heran kalau keduanya sangat populer untuk obat segala macam penyakit. Namun, jangan lengah! mengonsumsi madu dan kurma secara berlebihan dapat menimbulkan penyakit juga. Untuk itu, mari mengenal manfaat dan efek samping kedua makanan ini.

1. Madu

    Manfaaat Madu:

  • memperkuat sel imun tubuh;
  • mengobati batuk;
  • membantu menyembuhkan luka;
  • menyehatkan saluran pencernaan;
  • menyehatkan jantung; dan
  • mencegah kanker.

  Efek samping madu:

  a. Meningkatkan kadar gula darah. 

      Madu tidak disarankan bagi orang yang memiliki riwayat diabetes, karena kandungan karbohidratnya yang sangat tinggi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x