Mohon tunggu...
Atala Aminia
Atala Aminia Mohon Tunggu... Dulu sekolah analis, sekarang pengen jadi jurnalis

Being journalist, mengubah cara berpikir massa menjadi berimbang dan intelek melalui media. Mahasiswa Ilmu Komunikasi Telkom University.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Odading Mang Oleh, Makanan Lokal yang Diselamatkan Global Village

1 Oktober 2020   19:26 Diperbarui: 1 Oktober 2020   20:25 223 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Odading Mang Oleh, Makanan Lokal yang Diselamatkan Global Village
Source : urbanasia.com

Akhir-akhir ini sedang viral makanan lokal bernama odading dengan brand Odading Mang Oleh. Dipromosikan oleh vlogger dengan akun Instagram @m.adelondok, Odading Mang Oleh kini menjadi incaran pegiat kuliner. Berkat promosi dari Ade Londok, stand Odading Mang Oleh selalu dihiasi antrian panjang setiap harinya. 

Meliahat fenomena ini, terbesit dalam benak saya bagaimana bisa makanan lokal yang bahkan saya dari Bandung pun tidak tahu sebelumnya akan eksistensi dari Odading Mang Oleh. Namun sekarang, makanan ini mendadak diketahui masyarakat luas, disuarakan dari hulu ke hiir Indonesia. Luar biasa, kan? Lantas, apa hal besar yang membuatnya menjadi mengglobal seperti sekarang?

Media adalah Entitas Terkuat di Muka Bumi

Berdasarkan sosiologi komunikasi yang akhir-akhir ini saya pelajari, hal itu dikarenakan adanya media yang menyuarakan, menggemborkan, serta mendorong massa untuk membeli makanan tersebut. Layaknya yang diucapkan oleh Malcolm X, bahwa media adalah entitas yang paling kuat di bumi, karena media mengendalikan pikiran massa dan itulah kekuasaannya. 

Apalagi di era modern dengan perkembangan teknologi yang mendukung semakin kuatnya media massa. Tanpa tatap muka, berdiskusi secara langsung, atau menghampiri massa secara offline, media kini bisa menyentuh hati dan pikiran masyarakat dengan jaringan udara yang tak kasat mata.

Semua Gara-gara Global Village

Ilmuwan yang menggagas hal ini ialah Marshall McLuhan. Ia sudah memprediksi akan ada masa dimana komunikasi bisa mengglobal tanpa kenal jarak dan waktu. Pertukaran informasi bisa dilakukan dengan sangat cepat meski jaraknya terbilang jauh. Konsep ini ditulis dalam buku hasil buah pikirnya yang diberi judul Understanding Media: Extension of A Man. Konsep tentang prediksinya ini Ia namakan konsep media Global Village.

McLuhan memperkirakan pada masa digital dan serba komputer, pemahaman masyarakat akan mengarah kepada perubahan cara serta pola komunikasi. Bagaimana pada saat itu, masyarakat tidak akan menyadari bahwa mereka sedang mengalami sebuah revolusi komunikasi yang berefek pada cara berkomunikasi antarpribadi.

Di atas level komunikasi interpersonal yakni komunikasi antara dua-tiga orang, pada masa Global Village benar-benar terjadi trend komunikasi akan ke arah komunikasi massa, yakni bersifat massal dan luas. 

Di mana pembicaraan akan suatu topik dapat menjadi konsumsi dan masukan bagi masyarakat luas, kecuali tentu saja hal-hal yang bersifat amat rahasia seperti rahasia perusahaan, rahasia negara, keamanan-ketahanan. Semua orang berhak untuk ikut dalam pembicaraan umum, dan juga berjak untuk mengkonsumsinya, tanpa terkecuali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x