Kuliner

Ini Dia Cara Menyimpan Susu Bubuk dan Susu Cair

8 September 2018   19:26 Diperbarui: 8 September 2018   21:29 269 0 0
Ini Dia Cara Menyimpan Susu Bubuk dan Susu Cair
Susu Bubuk Dan Susu Cair --- dapurocha.com

Ini Dia Tips Cara Menyimpan Susu Bubuk Dan Susu Cair - Susu cair terdiri dari 3 jenis antara lain Susu UHT, Susu Evaporasi, serta dan Susu Pasteurized ( Fresh Milk ). Produksi susu lainnya ialah seperti whipped cream cair, atau fresh cream.

Ketiga macam susu tersebut Fresh Milk mesti kita simpan secara terus menerus di dalam lemari pendingin ( kulkas ), sebelum dapat di konsumsi, tentunya memiliki masa simpan yang paling singkat.

Apabila Anda membuka fresh milk maka sebaiknya mesti dihabiskan dalam kurun waktu selama 3 hari. Apabila Anda pergi ke supermarket, biasanya akan mengambil susu terakhir kali sebelum ke kasir.

Tetapi bagi susu UHT serta susu Evaporasi, selama kemasannya masih bagus dan belum terbuka, mempunyai masa simpan yang cukup panjang sesuai tanggal kadaluarsa di dalam kemasan tersebut. Apabila telah dibuka, maka susu UHT dalam box harus tertutup rapat, dan simpan di dalam lemari pendingin (kulkas).

Sementara itu dalam susu evaporasi bila tidak habis, hanya dapat dipergunakan dalam sekali pakai, maka sebaiknya pindahkan ke dalam wadah lain yang bersih, kemudian tutup rapat, dan simpan di dalam lemari pendingin (kulkas). Hal ini bertujuan untuk menjaga tekstur susu tersebut agar tahan lama, yang ditakutkan nanti adanya reaksi dari kaleng yang sudah dibuka itu pada susunya bila susunya dibiarkan tetap dalam kaleng.

Susu cair ini memang bahan yang cepat menurun kualitasnya, oleh sebab itu terdapat susu bubuk sebagai alternatif untuk mengkonsumsinya. Susu bubuk sendiri dapat dipergunakan untuk membuat kue, yang dalam resepnya membutuhkan susu cair. Misalnya dalam resep ada permintaan 25 gram susu bubuk dan 340 ml air, maka bisa digunakan langsung susu cair sebanyak 340 ml.

Silahkan Baca: Resep Self Rising Flour

Walaupun  lebih kering dan tahan lama, susu bubuk juga bila sudah dibuka dari kemasan, sebaiknya segera dihabiskan dalam kurun waktu selama 6 bulan. Dan biasakan untuk menyimpan susu bubuk dalam kotak, atau tetap dalam kemasan aluminium foil. Setelah kemasan aluminium foilnya dilipat, kemudian dimasukkan lagi ke dalam wadah plastik kedap udara, agar tahan lebih lama.

Dengan begitu akan lebih aman bila nanti dikonsumsi, untuk menambah stamina tubuh, ataupun menjaga kesehatan tubuh dengan banyak mengkonsumsi susu cair maupun susu bubuk. Demikian yang dapat saya sampaikan, bila bermanfaat silahkan share, jangan lupa kirim feedbacknya melalui kolom komentar, terima kasih.