Mohon tunggu...
Astrid Chandra
Astrid Chandra Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

A content writer and love to explore more things.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Ayo Cari Investasi yang Sesuai Untukmu (Pemula)

5 Agustus 2021   16:32 Diperbarui: 5 Agustus 2021   17:03 88 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ayo Cari Investasi yang Sesuai Untukmu (Pemula)
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Pernah bermimpi punya banyak uang di usia muda? Kalau dulu mimpi itu seperti tidak mungkin. Tapi saat ini mimpi itu mulai menampakkan wujud nyatanya. Saat ini untuk mendapatkan uang tidak hanya berasal dari 1 sumber saja seperti bekerja, tapi bisa melalui investasi. Apa itu investasi? Mengutip dari Konsultanku, investasi merupakan kegiatan menempatkan dana dalam satu periode yang bertujuan untuk mendapat keuntungan dan peningkatan nilai di masa depan. 

Saat ini investasi sedang menjamur karena banyak orang yang membutuhkan pemasukan lain selain pekerjaan utama. Ini terjadi sebagai dampak dari pandemi, adanya pembatasan sosial hingga perubahan trend bisnis membuat investasi menjadi ladang pemasukan alternatif. Orang yang melakukan investasi biasa disebut dengan investor. 

Investor menanamkan modal di suatu perusahaan. Apabila pendapatan perusahaan meningkat, maka pendapatan investor juga ikut meningkat. Penanaman modal dapat dilakukan secara individu atau kelompok seperti perusahaan. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan saat akan melakukan investasi yakni jumlah dana, waktu/periode, dan tujuan investasi.

Secara keseluruhan, investasi dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu:

1. Aktiva Riil

   Investasi dengan bentuk yang dapat terlihat atau fisik, seperti tanah, emas, properti, dan lain sebagainya

2. Aktiva Finansial

    Investasi dengan bentuk yang tidak terlihat atau berbentuk dokumen , seperti reksadana, saham, deposito, dan lain sebagainya

Ada berbagai pilihan investasi yang dapat dipilih. Di Indonesia sendiri ada beberapa investasi yang populer di masyarakat, seperti:

1. Deposito Berjangka

     Secara umum investasi ini menjadi pilihan yang aman bagi investor pemula. Ini karena kemudahannya, persentase bunga yang tinggi, tanggal jatuh tempo pasti, rendah resiko, dan berada dalam naungan perbankan yang membuatnya aman untuk dicoba oleh pemula. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan