Mohon tunggu...
Astria Yustita  Adenova
Astria Yustita Adenova Mohon Tunggu... hai

halo

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Perkembangan Logistik di Era Industri 4.0

24 Desember 2019   09:53 Diperbarui: 24 Desember 2019   10:00 27 0 0 Mohon Tunggu...

Diera modern sekarang, penggunaan komputer serta mesin-mesin yang sistematis tentu sangat berkembang pesat. Tiap-tiap individu atau kelompok berlomba-lomba menciptakan hal-hal baru yang mungkin tidak terbayangkan oleh orang-orang umum. Hal-hal sepele yang dianggap tidak wajar, kini dapat dilihat didepan mata. peran utama manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan, semakin lama tergerus oleh produk-produk baru yang tentunya akan memudahkan kita.

Kegiatan jual-beli kini semakin berkembang pesat. Mulanya kegiatan itu berawal dari sistem barter antara suatu barang dengan barang lain hingga sekarang jauh melaju dengan cepat. Jual-beli kini tidak hanya dilakukan di toko kelontong saja. Namun kini, kegiatan jual-beli dapat dilakukan dengan sistem online. Kegiatan perdagangan elektronik ini atau yang biasa disebut e-commerce, dapat mendistribusikan barang-barangnya hingga ke seluruh Indonesia bahkan ke seluruh dunia. Hal ini tentu menggabungkan kegiatan perdagangan dengan kegiatan jasa. Dimana, kegiatan jasa berperan dalam mendistribusikan barang-barang tersebut hingga sampai ke rumah konsumen dengan baik.

Kegiatan logistik sejak awal belum berkembang begitu cepat. Awalnya hanya untuk berkirim surat saja, namun kini logistik berkembang menjadi berkirim barang. Logistik di Era Industri 4.0 benar-benar sangat membantu dalam kegiatan jual-beli. Para e-commerce tentunya menggunakan jasa ekspedisi tersebut untuk memenuhi permintaan pelanggannya dalam mengirim barang-barang sesuai permintaan konsumennya hingga ke pelosok desa.

Salah satu jasa ekspedisi yang sedang naik daun sekarang adalah J&T Express. Perusahaan yang memiliki ciri khas warna merah tersebut sudah sangat dikenal oleh pengguna e-commerce di seluruh Indonesia. J&T Express mudah sekali ditemukan di ruko-ruko pinggir jalan sebagai drop point yang nantinya akan didistribusikan langsung ke rumah konsumen. Logistik di Era Industri 4.0 ini sangat gampang sekali digunakan. konsumen akan diberikan nomor resi yang dapat dilacak di situs web resmi J&T Express ataupun di situs online lainnya untuk mengetahui dimana paket telah berjalan.

Seperti pada umumnya, J&T Express tentunya memiliki kekurangan yang membuat beberapa pengguna mengeluh. Terkadang jumlah paket yang overload membuat pengiriman menjadi lebih lamban. apalagi saat menjelang akhir tahun serta saat bulan Ramadhan. Barang-barang yang begitu banyak menyebabkan sering terjadinya salah kirim barang. oleh sebab itu, pihak J&T Express sebaiknya lebih teliti lagi dalam memilah barang-barang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baiknya, J&T Express kini telah bekerja sama dengan beberapa platform jual-beli online yang yang saat ini banyak sekali penggunanya. J&T Express menawarkan berbagai penawaran menarik, seperti memberikan subsidi ongkos kirim. Tentunya, hal ini dimanfaatkan para online shop untuk berlomba-lomba dalam mengembangkan bisnis mereka. Ini juga dapat menjadi motivasi kita untuk Express Your Online Business.

Bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan, sangat bagus sekali untuk Express Your Online Business mulai dari hal-hal kecil untuk nantinya menjadi lebih besar. Bisnis online kedepannya akan jauh lebih maju dengan melibatkan Logistik di Era Industri 4.0 yang saat ini sudah dirasa perkembangannya.

VIDEO PILIHAN