Mohon tunggu...
Astiara Soviana
Astiara Soviana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Astiara Soviana merupakan seorang mahasiswa yang memiliki minat dibidang voice over dan copywritter.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Angkat UMKM Bendungan dengan Cara Ini! TIM KKN Bendungan Turut Berpartisipasi dalam Event Berskala Nasional

13 Agustus 2022   18:34 Diperbarui: 13 Agustus 2022   18:38 105 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Event Bendungan Urban Downhill

Bendungan- Event berskala nasional "Bendungan Urban Downhill Competition" diselenggarakan dengan tujuan terjalinnya keterlibatan aktif UMKM dan usaha kecil warga Bendungan seiring dengan tumbuh dan berkembangnya wisatawan ke kelurahan Bendungan melalui Urban Downhill. 

Sebagai perwujudan kontributif aktif perkembangan ekonomi kreatif serta dalam rangka mendukung tujuan SDG's ke 8 yakni "Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi", kelompok KKN Kelurahan Bendungan menginisiasikan keterlibatan aktifnya dalam event yang diselenggarakan tanggal 13-14 Agustus 2022 tersebut sebagai program multidisiplin KKN TIM II periode 2021/2022 Kelurahan Bendungan. Atas dukungan dosen pembimbing Ibu Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA dan sambutan baik Lurah serta panitia internal Bendungan Urban Downhiil dengan keterbukaannya untuk menjalin kerjasama dengan mahasiswa KKN Kelurahan Bendungan untuk dapat terlibat dan turut mendukung berlangsungnya event berskala nasional tersebut.

Rapat Pembahasan Urban Downhill
Rapat Pembahasan Urban Downhill

Bendungan Urban Downhill Competition, event olahraga berskala nasional yang pertama kali digelar di area sekitar pemukiman warga merupakan suatu terobosan/ ide cemerlang dalam memajukan sektor pariwisata dan ekonomi Kelurahan Bendungan dengan target peserta kompetisi yakni masyarakat luas pecinta olahraga downhill. Lurah Bendungan, Yohanes M. Y. K., S.Sos. menyatakan bahwa event tersebut terselenggara oleh rakyat dan untuk rakyat Kelurahan Bendungan dengan tujuan utama tumbuhnya sektor ekonomi melalui UMKM dan Usaha kecil Kelurahan Bendungan seiring dengan terselenggaranya event.

Pengecatan track Urban Downhill
Pengecatan track Urban Downhill

Sebagai bentuk keterlibatan aktifnya, mahasiswa KKN TIM II Kelurahan Bendungan turut aktif dan berpartisipasi selama persiapan hingga rampungnya event diselenggarakan. Kontribusi aktif TIM KKN Kelurahan Bendungan mulai dari persiapan hingga rampungnya event diselenggarakan diantaranya pengecatan track dan obstacle, persiapan kelengkapan event seperti nomor peserta, pemasangan umbul-umbul sponsor di sepanjang area track Bendungan urban Downhill, dan turut dalam promosi event melalui akun sosial media. 

Selain itu, kelompok Mahasiswa KKN Tim II Undip selama berlangsungnya event turut berkontribusi dalam meramaikan event dengan mengambil salah satu stand UMKM sebagai bentuk upaya dukungan terselenggaranya event dengan menjual beberapa produk makanan dan minuman serta turut mengisi acara hiburan pada saat event berlangsung berupa hiburan akustik yang digelar Sabtu (13/8). 

Stand UMKM
Stand UMKM

Penulis : Kelompok KKN Tim II Undip 2021/2022 Kelurahan Bendungan.

Lokasi : Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Dosen Pembimbing Lapangan : Agustin Erna Fatmasari, S.Psi., MA.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan