Mohon tunggu...
Romlah Astha
Romlah Astha Mohon Tunggu... GURU SD -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

RPP

13 November 2016   20:55 Diperbarui: 14 November 2016   00:08 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)  Tematik

Nama Sekolah     : SDN 22 TALANG KELAPA

Tema                    :  Lingkungan

Kelas/Semester    :  III / 1

Alokasi Waktu     :  3 minggu


I. STANDAR KOMPETENSI

I.
PKn

1.
Mengamalkan makna Sumpah Pemuda
II.
IPS

1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
III.
Bahasa Indonesia

Mendengarkan

1.
Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

Berbicara

2.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita
dan memberikan tanggapan/ saran
IV.
Matematika

1.
Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
V.
IPA

1.
Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
perubahan pada makhluk hidup

II. KOMPETENSI DASAR

1. PKn             : - Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

- Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-  

  sehari

2. IPS              : - Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan

    sekolah

                                - Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

3. B. Indonesia: - Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara

    lisan

  - Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

  - Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan

    kalimat yang runtut dan mudah dipahami

4. Matematika : Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

5. IPA             : - Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

- Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal-

  hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak

  (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

III. TUJUAN PEMBELAJARAN**

1. PKn             : - Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat

     mempersatukan bangsa

                          -  Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara

                                - Siswa dapat menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda

                                - Siswa dapat mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di

                                  lingkungan rumah

2. IPS              : - Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan

                                  buatan di lingkungan sekitar

                          - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

                                - Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

                                - Siswa dapat membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata

                                  anginnya

3. IPA             : - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

                          - Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup

                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya

                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya

                          - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya

                                - Siswa dapat menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya

                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan

                          - Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

4. Matematika       : - Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan,  

                                   satuan)

                                - Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan

                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan

                                - Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan

                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam

                                - Siswa dapat melakukan operasi pengurangan dengan meminjam

5. B . Indonesia      : - Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu

                                - Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan

                                - Siswa dapat menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang

                                - Siswa dapat memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita

    binatang

                                - Siswa dapat menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

Karakter siswa yang diharapkan :

Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Demokratif , Rasa Ingin tahu, Cinta tanah air, Bersahabat, Menghargai prestasi, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial,  Tanggung jawab.

Diterapkan melalui lagu : Halo-Halo Bandung

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif :

Berorientasitugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan, Berorientasi ke masa depan

IV.  Materi Pokok

      1.   PKn

Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

      2.   IPS     

Kerja sama di lingkungan rumah

      3.   IPA

Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.

Perubahan pada  makhluk hidup

Sifat-sifat benda

      4.   Matematika

Garis bilangan

Penjumlahan dan pengurangan

Perkalian dan pembagian

Uang

Alat ukur

Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.

      5.   Bahasa Indonesia.

Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.

Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.

Menceritakan pengalaman yang mengesankan.

Memberikan tanggapan dan saran sederhana.

Menjelaskan isi teks.

V. MetodE Pembelajaran                        

Informasi

Diskusi

Tanya jawab

Demontrasi

Pemberian tugas

VI. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan Awal

Apresepsi :

Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.

Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.

Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

Kegiatan Inti

Minggu  I

Pertemuan pertama :  6 X 35 menit (IPA, PKN, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

IPA

Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup

Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup

Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup 

PKn       

Guru menerangkan tentang negara Indonesia

Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa

Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa

         Matematika                                       

Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan

Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan

        

Pertemuan ke dua 6 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         Bahasa Indonesia

Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar

Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu

Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru

         IPS

Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar

Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau,  laut, gunung, lembah dan pegunungan

Siswa menuliskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

         Matematika

Memperagakan dekak-dekak

Memasukan biji-bijian pada dekak-dekak           

Menentukan nilai tempat sampai ribuan

Pertemuan ke tiga 4 X 35 menit ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         Bahasa Indonesia

Guru membacakan cerita binatang

Siswa menyebutkan nama tokoh-tokoh cerita binatang

Guru menjelaskan sifat-sifat tokoh dalam cerita

         Matematika

Menjelaskan penjumlahan dua bilangan tanpa teknik menyimpan

Menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan      

Membahas soal yang dikerjakan siswa

         IPA

Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan bijinya

Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan akarnya

Siswa diminta mengamati biji salak dan biji jambu air

Minggu  II

Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         IPA

Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya

Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel

Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya

Siswa mengamati macam-macam daun

PKn

Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku

Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara

Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan

         Matematika

Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan

Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan

Membahas soal yang tela dikerjakan siswa

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit ( Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         Bahasa Indonesia

Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita

Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan

Siswa menanggapi cerita

         IPS

Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan

Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

         Matematika

Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         Bahasa Indonesia                                        

Siswa mengamati dua buah gambar

Siswa menuliskan perbedaan dari kedua gambar tersebut

         IPA

Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan daunnya

Siswa mengamati macam-macam daun

         Matematika

Menjelaskan pengurangan tiga bilangan dengan tanpa teknik meminjam

Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Minggu III

Pertemuan pertama : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         IPA

Guru menjelaskan tentang pertumbuhan hewan

Guru menjelaskan tujuan perkembangbiakan pada hewan

Siswa mendiskusikan pertumbuhan hewan

         PKn

Menjelaskan waktu dan tempat kongres pemuda

Menyebutkan lima tokoh yang menghadiri kongres pemuda

Menjelaskan usulan tiap-tiap tokoh dalam kongres pemuda

Menyebutkan perumus isi sumpah pemuda pada kongres pemuda

         Matematika

Siswa mengingat kembali pengurangan dua buah bilangan

Guru menjelaskan cara mengurangi dua buah bilangan tanpa meminjam

Menguji keterampilan siswa dengan soal pengurangan

 

Pertemuan kedua : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPS, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         Bahasa Indonesia

Siswa menceritakan pengalaman mengesankan di depan kelas

Siswa menanggapi pengalaman teman

         IPS

Guru menjelaskan tiga bagian pokok pada denah yaitu gambar utama, keterangan gambar dan arah mata angin

Melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai kegunaan setiap bagian utama denah rumah

Memaparkan bentuk penyajian mata angin pada denah rumah

Siswa membuat denah rumah masing-masing

         Matematika

Menjelaskan pengurangan tiga bilangan

Siswa mengerjakan soal-soal latihan

Pertemuan ke tiga : 6 x 35 menit (Bahasa Indonesia, IPA, Matematika)

Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi, guru:

         Bahasa Indonesia

Mengamati gambar peristiwa alam

Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

         IPA

Menjelaskan ciri-ciri pertumbuhan pada tumbuhan

Mendiskusikan pertumbuhan pada tumbuhan

Melaporkan hasil diskusi

Matematika

Menjelaskan pengurangan dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Menguji keterampilan siswa mengurangi dua buah bilangan dengan teknik meminjam

Elaborasi

Dalam kegiatan elaborasi, guru:

membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;

memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;

memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;

memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;

memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;

memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;

Konfirmasi

 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan Akhir, guru:

Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan

Siswa mengumpulkan tugas sesuai materi yang diajarkan

Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

VII. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Sumber belajar :

 Buku Pendidikan Kewarganegaraan

 Buku IPA

 Buku Matematika

 Buku Bahasa Indonesia

 Buku IPS

 Eksiklopedia

 Kamus Bahasa Indonesia

Alat Peraga

Gambar kenampakan alam

Gambar kenampakan buatan

Gambar peristiwa alam

Teks cerita binatang

VII. PENILAIAN

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    

Nilai  Budaya Dan Karakter Bangsa

Indikator Pencapaian Kompetensi

Penilaian

Teknik

Bentuk

 Instrumen

Contoh

Instrumen

Disiplin : Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan
Kerja keras:Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas,serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya
Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki
Demokratif;Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain
Rasa Ingin tah: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar
Cinta tanah air: Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa
Bersahabat: Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
Menghargaiprestasi:Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain
Gemar membaca:Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya
Peduli lingkungan:Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi
Pedulisosial:Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan  masyarakat yang membutuhkan
Tanggung jawab:Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa
1. PKn            :
Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
  2. IPS :
Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
Melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu
Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan
Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

Tes lisan Tes tertulis

uraian

isian

1. PKn            :
Jelaskanlah dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa
Sebutkan nama organisasi pemuda di nusantara
Sebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda
Jelaskanlah pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah
  2. IPS :
Jelaskanlah kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan   sekitar
Jelaskanlah manfaat kenampakan alam bagi kehidupan
Jelaskanlah manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan
Buatkanlah denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya
 3. IPA :
Jelaskanlah ciri-ciri makhluk hidup
Jelaskanlah ciri-ciri makhluk tak hidup
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan bijinya
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan akarnya
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan batangnya
Jelaskanlah golongkan tumbuhan berdasarkan daunnya
Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan
Sebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan
4. Matematika :
Tuliskanlah bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)
Tentukan nilai tempat sampai dengan ribuan
Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan
Jelaskanlah melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan
Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam
Jelaskanlah melakukan operasi pengurangan dengan meminjam
5. B. Indonesia :
Jelaskanlah petunjuk membuat alat pengukur debu
Buatkanlah pertanyaan tentang cara menggunakan
Sebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang
Berikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang
Ceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar
LKS
Lmbar observasi.

Kriteria Penilaian      

1. Produk ( hasil diskusi )

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4

3

2

1

           

2. Performansi

No.

Aspek

Kriteria

Skor

1.

2.

Kerjasama
Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

4

2

1

4

2

1

            3. Lembar Penilaian

No

Nama Siswa

Performan

Produk

Jumlah Skor

Nilai

Kerjasama

Partisipasi

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

  CATATAN :

  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui,                                                                            Talang Kelapa,      

Kepala Sekolah,                                                                      Wali Kelas,

ANITA MUCHTAR. S. Pd. MM                                        ROSLI SIREGAR, A. Ma. Pd

NIP 19690612 199104 2 001                                                 NIP 19611120 198602 2 001

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun