Mohon tunggu...
Assyifa Kurnianda S P
Assyifa Kurnianda S P Mohon Tunggu... Jurusan Teknik Pertambangan Di Universitas Khairun

Hi , Perkenalkan nama saya Assyifa Kurnianda S.P 20 tahun . Mahasiswa Teknik Pertambangan , Fakultas Teknik . Universitas Khairun , Ternate .

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Be A Smart Miners

20 Oktober 2019   19:35 Diperbarui: 20 Oktober 2019   19:38 0 4 1 Mohon Tunggu...
Be A Smart Miners
dokumentasi pribadi

Ditulis Oleh :

Assyifa Kurnianda S.P . Mahasiswa Teknik Pertambangan , Fakultas Teknik . Universitas Khairun , Ternate. Maluku Utara

Kata pertambangan atau menambang pasti sudah umum di telinga masyarakat . Tetapi , mungkin hanya sebagian masyarakat saja yang mengetahui bagian-bagian penting apa saja yang bisa didapat , di produksi dan dijual kembali didalam hasil pertambangan . Contoh nya didalam penambangan Emas (Au) , umumnya yang diketahui hanya menambang emas saja . 

Sebenarnya kita bisa mendapat lebih daripada sekedar Emas (Au) . Karena didalam pembentukan mineral di alam , pasti ada mineral pengikut (Gangue) , biasanya mineral pengikut ini hadir akibat proses alterasi . Emas berasal dari suatu reservoar yaitu inti bumi dimana air magmatik yang mengandung ion sulfida, ion klorida, ion natrium, dan ion kalium mengangkut logam emas ke permukaan bumi.

Kecenderungan terdapatnya emas terdapat pada zona epithermal atau disebut zona alterasi hidrothermal. Zona alterasi hidrotermal merupakan suatu zona dimana air yang berasal dari magma atau disebut air magmatik bergerak naik kepermukaan bumi. Celah dari hasil aktivitas Gunungapi menyebabkan air magmatik yang bertekanan tinggi naik ke permukaan bumi. 

Saat air magmatik yang yang berwujud uap mencapai permukaan bumi terjadi kontak dengan air meteorik yang menyebabkan ion sulfida dan ion klorida yang membawa emas terendapkan. 

Air meteorik biasanya menempati zona-zona retakan-retakan batuan beku yang mengalami proses alterasi akibat pemanasan oleh air magmatik. Seiring dengan makin bertambahnya endapan dalam retakan-retakan tersebut,

Semakin lama retakan-retakan tersebut tertutup oleh akumulasi endapan dari logam-logam yang mengandung ion-ion kompleks yang mengandung emas. 

Zona alterasi yang potensial mengandung emas dapat diidentifikasi dengan melihat lapisan pirit atau tembaga pada suatu reservoar yang tersusun atas batuan intrusif misalnya granit atau diorite . 

Salah satu nya , didalam Au ada mineral pengikut bernama Flourit , yang biasanya digunakan di pakaian safety pertambangan atau pemadam kebakaran . Garis abu-abu (retroeflective) , fungsinya agar pekerja lebih mudah dikenali dalam kondisi gelap, dikarena kan Fluorit ini bisa memantulkan cahaya .

Selain Emas (Au) , juga ada Nikel (Ni) Nikel merupakan bahan galian yang mempunya inilai ekonomis yang tinggi karena pada masa sekarang dan masa yang akan datang kebutuhan nikel semakin meningkat disamping dari kebutuhan lainnya yang persediaanny asemakin terbatas.Kegunaannya sebagai campuran alloy, pemurnian minyak, pelapisan logam lain, dan bahan industry peralatan rumah tangga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3