Mohon tunggu...
Asnan Habib
Asnan Habib Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Saya seorang mahasiswa dan penulis yang hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman 45 Hari PPL di SMK Ma'arif 5 Gombong

9 Desember 2023   10:34 Diperbarui: 9 Desember 2023   11:38 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Gombong, Kebumen 09/12/2023 -- Menjadi mahasiswa adalah salah satu kesempatan yang paling saya tunggu-tunggu sejak saya duduk di bangku SD. Memasuki jenjang SMA, saya telah memantapkan cita-cita untuk menjadi seorang guru. 

Oleh karena itu, berdirinya saya di sini untuk menjadikan diri saya sebagai salah satu insan yang memiliki andil dalam dunia pendidikan, Aamiin. Dalam bidang yang saya kuasai, yakni Pendidikan Agama Islam, saya ingin memberikan kontribusi baik untuk Agama dan Bangsa.

Pengalaman PPL di SMK Ma'arif 5 Gombong

Praktik Pengalaman Lapangan di SMK Ma'arif 5 Gombong adalah fase yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup. Merasakan bagaimana menjadi seorang guru bukanlah tentang sekadar menyampaikan materi di depan peserta didik sesuai kurikulum yang berlaku.

Di luar semua pelaksanaan formal tersebut, guru adalah peran yang sangat penting untuk mencetak karakter moral generasi Bangsa. Di SMK Ma'arif 5 Gombong, saya mempelajari banyak hal dari guru-guru serta peserta didik yang ada di sana.

Mengajarkan Kedisiplinan dan Sikap Patriotisme

Hal pertama kali yang saya dapatkan di SMK Ma'arif 5 Gombong adalah kegiatan rutin apel di lapangan setiap jam 07.00 pagi, juga di jam 14.300 sebelum beranjak pulang ke rumah masing-masing. Petugas apel terjadwal dari kelas 10 dan kelas 11.

Di dalam apel, guru selalu menyampaikan motivasi dan semangat, meluruskan kembali niat para siswa/siswi untuk lebih giat dalam menempuh pendidikan yang sedang mereka jalani. Untuk apel pagi, biasanya berlangsung kurang lebih 45 menit.

1 Jam Pertama yang Sangat Berarti

45 menit ini terdiri dari 30 menit amanat dari pembina apel, yakni guru-guru secara terjadwal. 15 menit setelahnya yakni acara kesamaptaan. Pukul 07.45 - 08.59 siswa/siswi melaksanakan sholat dhuha yang diabsen oleh wali kelas. Pukul 08.00 siswa/i masuk ke kelasnya.

Dari satu jam pertama, yakni pukul 07.00 siswa/i datang ke sekolah, hingga pukul 08.00 siswa/i masuk ke kelasnya masing-masing. Ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk memberikan motivasi, kedisiplinan, patriotisme, dan spiritual bagi semuanya.

Kekeluargaan yang Kondusif adalah Kunci

Selama satu bulan lebih di SMK Ma'arif 5 Gombong, hikmah terpenting dari semuanya adalah kekeluargaan. Tidak ada tekanan batin yang terjadi antar sesama guru/karyawan yang melaksanakan kewajibannya dalam upaya mendidik generasi bangsa.

Saling mendukung dan menghargai satu sama lain merupakan landasan utama yang berjalan di lingkungan pendidikan SMK Ma'arif 5 Gombong. Situasi aman, nyaman, dan menyenangkan memang sangat perlu dibangun, baik antar guru/karyawan, maupun pada siswa/i.

Ucapan Terima Kasih Mahasiswa IAINU Kebumen

Dalam pelaksanaan program strata 1 IAINU Kebumen tahun akademik 2023/2024, PPL di SMK Ma'arif 5 Gombong saya rasa adalah yang terbaik. Melalui program pembelajaran berbasis pesantren yang kreatif dan menyenangkan, siswa dapat belajar dengan maksimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun