Mohon tunggu...
Nok Asna
Nok Asna Mohon Tunggu... Tenaga Kesehatan - Penikmat Senja dan Sastra.

Penikmat Senja dan Sastra.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Menikmati Pulau-Pulau Eksotis di Kota Makassar

26 September 2021   08:50 Diperbarui: 26 September 2021   17:47 567 16 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menikmati Pulau-Pulau Eksotis di Kota Makassar
Pulau Kodingareng Keke (Dokumentasi Pribadi)

Kota Makassar merupakan sebuah kota yang tak hanya dipenuhi bangunan pusat perbelanjaan atau mall, perumahan, gedung bertingkat, polusi udara, kemacetan lalu lintas, atau pemukiman padat penduduk. Sebagai salah satu kota terbesar, Makassar juga mempunyai wilayah yang berupa pulau-pulau eksotis. 

Ada Pulau Lae-Lae, Pulau Kayangan, Pulau Samalona, Pulau Kodingareng Keke, Pulau Kodingareng Keke Besar, Pulau Lanjukang, dan pulau lainnya.

Ada 2 pulau yang beberapa kali sempat saya kunjungi, ialah Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng Keke. Transportasi yang digunakan untuk mencapai kedua pulau tersebut bisa dengan mudah ditemui di dermaga yang ada. 

Ada tukang kapal yang menawarkan kapalnya on the spot, mulai dari kapal kayu sederhana, kapal yang sedikit fancy, sampai pinisi. Harga sewa kapal mulai dari ratusan hingga puluhan juta. Tergantung isi kantong anda, calon penumpang.

Waktu yang dibutuhkan dari dermaga menuju Pulau Samalona sekitar 15 menit, sedangkan untuk menuju Pulau Kodingareng Keke dibutuhkan waktu sekitar 30 menit. 

Biasanya saya berangkat dari dermaga sekitar pukul 08.00 WITA, dan kapal bisa disewa seharian untuk menjelajahi 2 pulau tersebut, hingga bisa menunggu untuk melihat indahnya matahari terbenam. 

Pulau Samalona sudah berpenghuni. Penduduk setempat juga menyediakan penginapan dengan harga per malamnya berkisar 500 ribu rupiah untuk penginapan 2 kamar dan 800 ribu rupiah untuk penginapan dengan 4 kamar.

Selain penginapan, penduduk setempat juga menyediakan alat snorkelling untuk disewakan jika pengunjung tak mempunyai atau tak membawa perlengkapan snorkelling

Saya pernah mencoba snorkelling di Pulau Kodingareng Keke dan Pulau Samalona. Pemandangan bawah lautnya lumayan indah. Ada beberapa jenis ikan, karang, nemo, bintang laut, dan jenis makhluk bawah laut lainnya.

Pulau Kodingareng Keke merupakan pulau tak berpenghuni. Pengunjung datang biasanya untuk camping ria bersama teman atau keluarga, menikmati pemandangan bawah laut dengan diving atau snorkelling, atau hanya sekedar main air. Hanya ada sebuah bangunan di pulau ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan