Mohon tunggu...
Kartikha Sri R
Kartikha Sri R Mohon Tunggu... All About Boxing, Or Writing Stuff!

Boxing Lover, Reader, Writer and Black Lover. Don't Hesitate To Visit My Profile

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Artikel Utama

Bungkam Saunders, Kesabaran adalah Kunci Sukses Canelo

10 Mei 2021   01:09 Diperbarui: 10 Mei 2021   11:55 279 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bungkam Saunders, Kesabaran adalah Kunci Sukses Canelo
Canelo Alvarez (kiri) dan Billy Joe Saunders (kanan) saat menghadrii sesi timbang badan dan face off menjelang duel unifikasi sabuk juara kelas menengah super versi WBA, WBC, dan WBO yang akan dihelat di AT&T Stadium pada Sabtu (8/5/2021).(AFP/ AL BELLO via KOMPAS.com))

Setelah melewati banyak ujaran kebencian dari sang lawan, Saul "Canelo" Alvarez berhasil membungkam lawannya via TKO di ronde delapan.

Berkat kesabarannya, petinju asal Mexico ini berhasil melepaskan right uppercut ke rahang Billy "Superb" Saunders, hingga akhirnya membuatnya tak bangkit dari kursinya.

Selama pertarungan berlangsung, Canelo sempat kesulitan untuk mengunci lawannya. Kelincahan dalam penguasaan ring dan head movement andalan Saunders membuat Canelo harus terus memutar otak untuk mendongkraknya.

Sebelumnya, petinju kelahiran Guadalajara ini diprediksi akan menekan permainan dan membuat Saunders berlari untuk menghindari lawannya. Tetapi strategi yang dijalankan kini berbeda. Terlebih di saat injury time dimana petinju asal Inggris itu meminta agar ringnya diganti menjadi 22ft.

Ya penggunaan ring yang lebih besar, tentu mengubah tempo permainan menjadi lebih fast paced. Uniknya strategi yang dijalankan oleh Canelo adalah bermodal kesabaran. 

Kesabaran inilah yang menjadi kunci tulen, dimana Canelo menunggu Saunders menyerangnya dengan agresif. Menunjukkan semua skill tulennya, disinilah peluang Canelo untuk melihat celah dan keteledoran dari Saunders.

Setiap petinju yang menggunakan trunk biru hijau itu menyerang, guard-nya turun dan bagian rahang terbuka sangat lebar. Dari sanalah Canelo bisa menyerag dengan uppercut andalannya. Tetapi timing dan akurasi saja yang belum tepat, sehingga Alvarez belum bisa mengkandaskan lawan lebih awal.

Sebenarnya Canelo tidak mengeluarkan banyak modal untuk menghukum lawan yang dikenal dengan membawa komedi diatas ring ini.

Ia hanya perlu menunggu dan membuat lawannya menyergapnya. Tetapi sekali lagi, tak semua fighter bisa melakukan hal ini.

Terkadang ada fighter yang hobinya menekan saja. Jadi ketika dihadapkan dengan fighter yang hobinya menghindar seperti Si Superb, biasanya langsung kalah. Mengapa? Ia dipengaruhi oleh emosi untuk memangsa lawan, sehingga ketika melihat lawannya bak kancil, kepalanya langsung pusing tujuh keliling.

Kesabaran, timing, akurasi pukulan adalah paket komplit yang seharusnya dimiliki oleh seorang fighter, dan Canelo adalah salah satunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN