Mohon tunggu...
Asita Suryanto
Asita Suryanto Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Traveler

pecinta traveling dan kuliner

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Perjalanan Saya ke Banyuwangi Menjadi Indah Karena Avanza

15 Desember 2017   20:56 Diperbarui: 15 Desember 2017   21:33 2762
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana bengkel Auto 2000 (koleksi pt astra internasional)

Sebagai ibu rumah tangga yang memiliki tiga orang anak untuk membeli mobil keluarga pastilah saya memilih Toyota Avanza. Karena selain kapasitas penumpangnya bisa enam orang, harga terjangkau, hemat bahan bakar dan layanan servisnya juga bagus. Layanan servis dari Auto 2000, dengan manajemen PT Astra Internasional menjadikan salah satu bengkel yang paling terpercaya.

Salah satu hal terpenting dalam merawat mobil agar mobil saya tetap dalam kondisi prima, aman dan nyaman saat dikendarai, adalah dengan melakukan servis secara rutin atau servis berkala di Auto 2000.Servis berkala pada mobil umumnya dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km.

Saya melakukan servis berkala setiap kelipatan 10.000 km di Auto 2000 Astra Toyota, Ciledug Tangerang. Tahapan yang sering saya lakukan apabila servis berkala, adalah:

  • Melakukan booking service  melalui telepon, hal ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian waktu dan teknisi, tidak perlu antre terlalu lama karena sesuai jam booking. Selain itu, saya juga dapat menginformasikan singkat tentang keluhan yang dirasakan. Untuk menjamin kelancaran, biasanya saya melakukan booking service dua hari sebelum hari yang saya inginkan untuk memasukkan mobil ke bengkel.
  • Sesuai dengan jadwal yag telah ditentukan, saya membawa mobil ke bengkel, dan saat masuk area bengkel, petugas akan menanyakan apakah sudah melakukan booking service  atau belum. Karena sudah melakukan booking service maka layanan ini lebih cepat,  kartu serta lembar registrasi akan diberikan kepada Service Advisor, yang langsung memberikan order di stall yang ditentukan untuk pengerjaannya.
  • Secara umum untuk perawatan berkala, selain tune-up,  pemeriksaan terhadap sistem rem, hingga lampu-lampu menjadi hal standar. Sementara untuk jenis pekerjaan lain, tergantung keluhan dan bila ada perkembangan di lapangan, bisa diinformasikan lebih lanjut.
  • Untuk memberikan kenyamanan selama menunggu selesainya pekerjaan, Auto 2000-Astra Toyota, Ciledug menyediakan ruang tunggu yang dilengkapi mushola dan televisi. Selama menunggu tersebut, Auto 2000-Astra Toyota, Ciledug, menyediakan makanan kecil, air kemasan, kopi, dan teh secara cuma-cuma. Bahkan jika waktu menunggu sampai jam makan siang, disediakan pula makan siang berupa nasi box.
  • Di ruang tunggu, ada monitor untuk melihat proses pengerjaan mobil kita sudah sampai dimana?
  • Apa bila servis mobil sudah selesai, kita menuju bagian administrasi untuk mengambil rincian biayanya, dan membayarkannya di counter pembayaran.

Enam tahapan tersebut saya lakukan di Auto 2000 setiap tahunnya. Karena mobil  Avanza saya  tahun pembuatan 2011,berarti usianya sudah enam tahun tetapi sampai sekarang masih terawat dengan baik.

Mobil avanza saya sudah enam tahun dipakai tetap prima (dok asita)
Mobil avanza saya sudah enam tahun dipakai tetap prima (dok asita)
Saya sangat puas dengan layanan Auto 2000. Hal ini karena pelayanan servis dari Auto 2000 mengikuti falsafah Catur Dharma yaitu Darma pertama dari Catur Dharma adalah menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Kedua, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ketiga, menghargai individu dan membina kerjasama. Darma keempat, senantiasa mencapai yang terbaik.

Setelah kembali ke rumah, besoknya saya mendapat telepon atas layanan Auto 2000 dari lembaga survei yang menanyakan hasil layanan Auto 2000 dan saya selalu menyampaikan pesan kalau layanannya sangat bagus.

Sepanjang perjalanannya sejak tahun 1957, Astra senantiasa mendedikasikan karyanya untuk kemajuan bangsa Indonesia, sejalan dengan filosofi perusahaan yang tertuang dalam Catur Dharma. Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun ke-60 Astra pada tahun 2017, Astra telah mencoba menginspirasi Indonesia melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara.

Menyenangkan rasanya bila bisa berkendara bersama keluarga dan menikmati indahnya perjalanan dengan mobil pribadi. Berkat Auto 2000 mobil saya tidak pernah mogok atau ada kerusakan selama enam tahun digunakan.

Mobil avanza saya sudah sampai di taman baluran banyuwangi (dok asita)
Mobil avanza saya sudah sampai di taman baluran banyuwangi (dok asita)
Berikut saya ceritakan pengalaman saya sekeluarga wisata ke Banyuwangi dengan mobil Avanza. Saya pernah melakukan perjalanan  Jakarta ke ujung paling timur Pulau Jawa tepatnya Kota Banyuwangi kami rencanakan jauh-jauh hari dengan mobil keluarga Toyota Avanza. Kami sekeluarga berangkat dengan perasaan senang. Karena selain akan bertemu keluarga, saya juga ingin mengajak anak-anak ke Taman Nasional Baluran di Banyuwangi yang terkenal dengan satwa banteng, monyet dan burung merak.

Pagi itu langit sangat cerah. Perjalanan menuju Banyuwangi kami lakukan awal tahun 2015 lalu ketika anak-anak bisa libur bersama. Kami berlima sekeluarga terdiri bapak-ibu dan tiga anak . Avanza dengan design exterior yang gagah tentu saja sangat cocok mengantar kami menuju kota Sunrise of Java atau Banyuwangi yang jaraknya sekitar 1.000 kilometer dari Jakarta.

Tempat duduk Avanza sangat lapang cocok untuk ajak keluarga (dok asita)
Tempat duduk Avanza sangat lapang cocok untuk ajak keluarga (dok asita)
Sebelum berangkat kami menyempatkan diri mampir ke SPBU terdekat karena tanki bensin hampir saja kosong. Dengan mengisi bensin premium Rp 200.000, terasa iritnya. Karena tanki masih terisi bensin ketika kami mampir di Semarang untuk istirahat. Sebenarnya iritnya bensin juga disebabkan oleh adanya Electric Power Steering yang memberikan kenyamanan berkendara serta berpengaruh pada efisiensi bahan bakar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun