Mohon tunggu...
Asila Rahma
Asila Rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa

Semangat belajar, mengejar sarjana.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perkembangan Kognitif dan Sosial serta Implikasinya dalam Dunia Pendidikan ( Ditinjau Jean Piaget dan Vygotsky )

19 Januari 2025   15:26 Diperbarui: 19 Januari 2025   15:26 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Potret KBM di SMP Al Ashriyah 

Perkembangan Kognitif dan Sosial serta Implikasinya dalam Dunia Pendidikan (Ditinjau Jean Piaget dan Vygotsky)


Perkembangan kognitif dan sosial anak merupakan dua aspek yang saling terkait dan sangat penting dalam konteks pendidikan. Teori-teori yang dikemukakan oleh Jean Piaget dan Lev Vygotsky memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana anak-anak belajar dan berinteraksi dengan lingkungan mereka. Pemahaman terhadap kedua teori ini dapat membantu pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif.

Penjabaran dua ilmuan terkenal yakni jean piaget dan lev vygotsky tentang  perkembangan kognitif dan sosial serta implikasinya di Dunia Pendidikan yang ditinjau dari sisi filosofis dan psikologisnya diharapkan mampu menghadirkan suasana berbeda dalam dunia pendidikan, karena bagaimanapun juga di Dunia Pendidikan tempat lahir - lahirnya sumber daya manusia yang cerdas,  cakap dan jenius. Maka untuk mempertahankan marwah serta esensi yang ada pada dunia pendidikan penting bagi para pendidik untuk mnecari berbagai macam teori yang bisa membantu mereka untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efektif. 

Dengan ini, jean piaget dan lev vygotsky memberikan upaya nya melalui teori - teori yang mereka dapatkan dari pengalaman yang luar biasa. 

Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget
Jean Piaget mengemukakan bahwa perkembangan kognitif anak terjadi melalui serangkaian tahap yang terstruktur. Ia membagi perkembangan ini menjadi empat tahap utama:
Tahap Sensorimotor (0-2 tahun): Pada tahap ini, anak belajar melalui pengalaman sensorik dan motorik.
Tahap Praoperasional (2-7 tahun): Anak mulai menggunakan bahasa dan berpikir secara simbolis, tetapi masih terikat pada pemikiran egosentris.


Tahap Operasional Konkret (7-11 tahun): Anak dapat berpikir logis tentang objek konkret tetapi kesulitan dengan konsep abstrak.
Tahap Operasional Formal (11 tahun ke atas): Anak mulai mampu berpikir abstrak dan sistematis.
Implikasi dari teori Piaget dalam pendidikan adalah pentingnya menyesuaikan metode pengajaran dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Misalnya, pada tahap praoperasional, guru dapat menggunakan alat bantu visual untuk membantu pemahaman konsep.


Teori Perkembangan Sosial Lev Vygotsky
Sementara itu, Lev Vygotsky menekankan peran lingkungan sosial dan budaya dalam perkembangan kognitif anak. Ia berpendapat bahwa interaksi sosial merupakan faktor kunci dalam pembelajaran, di mana anak-anak membangun pengetahuan mereka melalui dialog dan kolaborasi dengan orang lain. Konsep "Zona Perkembangan Proksimal" (ZPD) menjadi pusat dalam teorinya, yang menunjukkan bahwa anak-anak dapat mencapai tingkat pemahaman yang lebih tinggi dengan bantuan orang dewasa atau teman sebaya. 


Vygotsky juga menekankan pentingnya bahasa sebagai alat berpikir dan komunikasi. Dalam konteks pendidikan, hal ini berarti bahwa guru harus menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial dan penggunaan bahasa yang kaya.


Implikasi dalam Dunia Pendidikan
Kedua teori ini memiliki implikasi signifikan dalam dunia pendidikan:
Pengajaran yang Responsif: Pendidik perlu memahami tahap perkembangan kognitif siswa untuk merancang aktivitas pembelajaran yang sesuai. Misalnya, menggunakan permainan untuk siswa di tahap praoperasional atau proyek kelompok untuk siswa di tahap operasional konkret.


Stimulasi Lingkungan: Lingkungan belajar yang kaya akan interaksi sosial dapat meningkatkan perkembangan kognitif siswa. Pendidik harus menciptakan suasana kelas yang mendukung kolaborasi dan diskusi12.
Pentingnya Bahasa: Mengingat peran penting bahasa dalam perkembangan kognitif menurut Vygotsky, pendidik harus mendorong siswa untuk berkomunikasi secara aktif dan menggunakan bahasa dalam proses belajar mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun