Hobi

Manfaat Membaca Juga Dapat Mengurangi Prasangka

3 Agustus 2018   05:56 Diperbarui: 3 Agustus 2018   05:56 786 1 2
Manfaat Membaca Juga Dapat Mengurangi Prasangka
shutterstock

Ingatkah kapan terakhir kali Anda membaca artikel, majalah, atau buku di internet? Jika Anda termasuk salah satu sekian banyak orang yang membaca secara tidak teratur, bisa jadi Anda kehilangan beberapa manfaat daripada membaca itu.

Teruslah membaca, karena di bawah ini adalah beberapa manfaat dari membaca yang perlu Anda ketahui.

1. Hiburan gratis

Walau kita ingin membeli sebuah buku, tapi kadang buku itu berharga mahal. Jika Anda pas-pasan, Anda bisa mengunjungi perpustakaan terdekat di wilayah Anda. Di situ banyak buku-buku tebal dan pihak perpustakaan selalu berusaha ketersediaan buku-buku baru. Pengecualian bila di tempat Anda sulit ditemukan perpustakaan.

Namun sekarang di era digital. Di internet anda bisa mendownload serta dibaca baik di layar komputer, iPad, e-reader gratis. Genre pula ada berbagai macam dari biografi, novel, panduan pengembangan diri, sejarah, fashion, literatur klasik. Yang penting Anda memiliki keinginan kuat untuk membaca secara teratur.

2. Ketenangan 

Sembari rileks membaca buku yang bagus, mungkin buku yang Anda baca bisa membawa ketenangan dan kedamaian batin. Membaca buku pengembangan diri terbukti membantu orang yang menderita gangguan mood tertentu dan gangguan mental. Membaca teks spiritual dapat membawa ketenangan mendalam dan menurunkan tekanan darah.

3. Keterampilan menulis lebih baik

Jika Anda penulis, membaca akan sangat mendukung profesi Anda. Dengan cara yang sama dimana seorang pelukis menggunakan teknik yang dibangun oleh master, atau seorang musisi memengaruhi satu sama lain, begitu pula seorang penulis belajar menggunakan kata-kata dengan jalan membaca buku-buku karya orang lain. Gaya penulis orang lain akan memengaruhi gaya penulisan Anda sendiri. Sejalan seirama dengan perluasan kosa kata Anda.

4. Meningkatkan konsentrasi

Di jaman teknologi ini fokus dan perhatian kita ditarik kepada sejuta informasi arah tatkala banyak aktivitas yang kita lakukan. Dalam waktu lima menit, rata-rata Anda membagi waktu antara berinteraksi dengan rekan kerja, mengecek handphone, melihat Facebook atau Twitter, chatting dengan sekian orang, memeriksa email, bekerja pada tugas. Ini bisa menyebabkan stres bertambah serta menurunkan produktivitas.

5. Kemampuan berpikir analitis yang kuat

Kalau Anda membaca novel misteri Anda  ingin mengetahui lebih lanjut cerita tersebut "siapa pelaku kejahatan" di kisah itu.

Anda juga menganalisa apakah alur cerita berjalan lancar, apakah karakter yang dikembangkan berjalan dengan baik, apakah cerita itu ditulis dengan baik. Anda perlu mengkritisi isi cerita. Jika Anda mendiskusikan buku, Anda dapat mengeluarkan pendapat karena Anda telah menganalisa semua aspek.

6. Meningkatkan daya ingat

Dengan novel atau buku yang Anda baca, Anda mesti mengingat berbagai alur yang merangkai cerita, nuansa, sejarah, ambisi, latar belakang, serta berbagai macam karakter. Banyak yang perlu diingat, namun otak adalah sesuatu yang luar biasa. Setiap memori baru akan menciptakan sinapsis otak dan memperkuat yang telah ada, membantu memori jangka pendek dan menstabilkan suasana hati.

7. Memperkaya kosakata

Semakin banyak membaca , semakin banyak kata yang Anda dapatkan, yang mana akan membuka jalan untuk menjadi kosakata sehari-hari Anda. Pandai bicara sangat berguna dalam profesi apapun, dapat membantu dalam pengembangan karir Anda. Dengan membaca Anda mengetahui bahasa baru, mempergunakannya dalam konteks, sehingga meningkatkan kemampuan menulis dan kefasihan berbicara.

8. Menambah pengetahuan

Ini yang Anda dapatkan kala membaca, Anda tak pernah tahu kapan itu akan berguna bagi Anda. Semakin banyak pengetahuan semakin baik Anda dibekali untuk mengatasi setiap tantangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2