Mohon tunggu...
Asep Taziex
Asep Taziex Mohon Tunggu... -

saya mah penyuka the beatles, bilyar, balap motor, sama hal2 yg tak pernah dipikirkan orang lain deh.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Baju Lebaran vs Kain Kapan

5 Agustus 2013   00:52 Diperbarui: 24 Juni 2015   09:37 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

dulu semasa aku kecil
memang aku mau berpuasa itu karena aku ada maunya, krna aku slalu di janjikan sm orang tua aku, kalau aku berpuasa maka aku akan di belikan BAJU BARU untuk LEBARAN
dan semasa itu aku pernah tau akan yang namanya KARENA ALLAH itu dalam mengerjakan ibadah puasa itu, lah yang penting mah agar di belikan baju baru sajah we pokona mah
beuh senang sekali rasanya hatiku ini saat memakai baju baru di hari raya i'dul fitri itu, sampe malamnya pun susah tidur, karena ingin buru-buru pagi sajah

tapi sekarang mah kalo ingat sama BAJU BARU itu justru suka jadi SEDIH
karena suka jadi ingat sama DOSA-DOSA ku dari masa lalu sampe sekarang ini
coba sajah atuh bayangin sebagus-bagusnya BAJU BARU itu kalo sering di pake mah lama-lama juga bakal RUSAK lagi
dan itu suka teringat sama DOSA-DOSAku itu
SAAT AKU SEDANG MENCUCI BAJU ATAU PAKAIAN KOTOR
itu si baju kotor meski yg tadinya baru juga kalo mau di cuci mah
waduh mana suka BAU lagi klo pakaian kotor mah
di mulai dari DIRENDEM pake deterjen
di kucek-kucek pake SIKAT
di bejek-bejek pakai TANGAN kita
di JEMUR seharian di terik panasnya sinar matahari
di GOSOK pake setrika
mungkin seperti itu proses singkatnya
agar baju kotor itu bisa kita pakai lagi itu
DIPAKAI lalu KOTOR lagi
DICUCI lalu DIPAKAI lagi
KOTOR lalu DICUCI lagi
DIPAKAI lalu KOTOR lagi
terus dan terus seperti itu sampai baju itu RUSAK
dan akhirnya kitapun bosan untuk memakainya lagi
lanatas kembali ingin beli BAJU BARU lagi
ya allah
mungkin DOSA-DOSAku pun sama seperti itu
seperti NODA yang ada di pakaian atau baju-bajuku itu
aku BERTOBAT lalu aku BERDOSA lagi
aku BERDOSA lalu aku BERTOBAT lagi
aku BERTOBAT lalu aku BERDOSA lagi
terus dan terus seperti itu, dan entah harus sampai KAPAN aku sepeti itu
mungkin DOSA-DOSAku ini pun sudah BAU seperti PAKAIAN KOTOR itu

YA ALLAH
justru saat aku teringat sama satu BAJU atau PAKAIAN
yng tidak pernah aku beli dan tidak pernah mau aku membelinya
tapi justru aku bakal MEMAKAI nya nanti
maka itulah dia mungkin BAJU terakhirku yang akan aku pakai
aduh untung saja namanya baju itu di namainya teh "KAIN KAPAN"
jadi ah aku mah mau pakainya juga KAPAN-KAPAN saja ah
belum mau sekarang-sekarang ah
ih belum kepikiran deh pake baju yang satu itu mah
paling aku mah baru LATIHAN saja untuk memakai baju yang serupa dengan itu mah
ya mungkin minimal sedang aku melaksanakan ibadah SHOLAT itu
dengan memakai baju GHAMIS, sorban dan selendang atuh ah
atau mungkin nanti barangkali aku di kasih uang banyak mah
insya allah deh mau pergi haji, biar bisa ngerasain pake baju HAJI

ah sekarang mah yang namanya BAJU BARU itu mau diartikan begini saja ah, BAJU nya itu jadi BANYAK JUJUR
krn BARU nya itu kan BANYAK RUSAK nya

dan akupun suka jd teringat sm proses mencuci baju kotor itu
mungkin nanti pun di akhirat kelak akupun akan sama seperti itu prosesnya itu, karena coba sajah lihat tuh
PROSES paling terakhir dalam mencuci baju kotor itu supaya RAPIH dan
bersih kemabali teh pan di SETRIKA atuh yah
idih andaikan SETRIKA nya itu di artikan
di SETRAP API NERAKA
aduh ya allah entah gimana yah rasanya tuh ih
baru terkena sama setrika saja kulit kita sudah melepuh
apalagi sama yang itu??????????????????????
di RENDEM di air neraka yang mendidih
di KUCEK-KUCEK sama batu-batu nerakanya
di PANASIN sm api nya
di JEMUR sama TUJUH MATAHARI katanya mah nanti itu
ga kebayang ah gimana rasanya mah
ih TATUTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTTT

nah makanya di BULAN SUCI ROMADHON ini pas mau dekat atau sampai
atau masuk di hari raya I'DUL FITRI nya itu
lambang yang terkenalnya itu identiknya dengan KETUPAT teh ada artinya juga loh kawan
sok artikan sajah atuh KETUPAT itu jadi
KE-taqwaan dlm keimanan itu
TU-nduk dan
PAT-uh sm perintah-perintahnya dan jauhilah segala larangan-laranganya

tuh makanya dlm ayatnya juga pan gimana teh aduh lupa lagi euy
lah pokonya tujuanya puasa itu supaya bisa termasuk kedalam
LA"ALAKUM TATTAKUN we lah supaya jd orang yng BERTAQWA pan yah
pakanya pake lambangnya juga KETUPAT yah di indonesia mah

terus ko itu suka ada KOLEK atuh sep, kalo di bulan puasa mah ciri khas nya itu, emamng maksudnya apa sih???
atuh tingal dibacanya mundur saja tuh tulisanya pan jadi KELOK atuh
karena apa, perjuangan dalam beribadah juga kan harus menempuh
jalan yang KULAK KELOK juga atuh yah, kadang ada MANIS kadang ada ASEM, kadang ada PAHIT
hahahahaha emang ada gituh sep KOLEK yang rasanya PAHIT
ya ada atuh, tinggal tanyain saja atuh sama yang sedang SAKIT TENGGOROKAN gih

lah istilah singkatnya mah dalam beribadah itu harus
SAMI'NA WA ATO'NA saja
karena kan kalo kata guru besar sayah mah (SYEIKH AKBAR MUHAMMAD DAHLAN) almarhum
sep, artikan IBADAH itu adalah TURUT sm PERINTAH

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun