Mohon tunggu...
asa nadia
asa nadia Mohon Tunggu... Mahasiswa - communication student

masih belajar nulis sambil minum teh.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

World Mental Health Day, Instagram Berdampak pada Kesehatan Mental

13 Oktober 2021   09:28 Diperbarui: 13 Oktober 2021   10:12 123 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber : https://www.glamourmagazine.co.uk

World Mental Health Day diperingati setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya. Tahun ini Mental Health mengusung tema "Mental Health an Unequal World" (Kesetaraan Kesehatan Jiwa untuk Semua). Membahas tentang kesetaraan jiwa pada setiap aspeknya, ternyata media sosial juga ikut berpengaruh, lho!

Kehidupan remaja yang tidak lepas dari media sosial ini memberikan pengaruh besar pada kehidupannya sendiri, menurut hasil penelitian dari Royal Society for Public Health Inggris menyatakan bahwa Instagram merupakan platform media sosial yang memberikan dampak terburuk bagi kesehatan mental. 

Instagram memusatkan fitur foto dan video dimana penggunanya dapat mengedit dan memberikan fitur filter sebelum mengunggah di akun mereka, sehingga hal ini akan menampilkan versi terbaiknya sebagai pusat perhatian. 

Postingan media sosial ini menciptakan realitasnya sendiri dan kecemasan bagi penggunannya.

Seperti ketika memposting suatu foto dan tidak mendapatkan banyak like, atau menambahkan fitur filter dan mengedit pada foto agar terlihat sempurna. Hal tersebut memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental penggunannya. 

Studi #StudiOfMine menyebutkan bahwa pengguna instagram melihat lifestyle teman sesama pengguna instagramnya seperti ketika mereka sedang berlibur, bersenang-senang, mereka akan melihat temannya menikmati hidup dan menimbulkan perasaan membandingkan kehidupan dan putus asa. 

Instagram seakan-akan memiliki standar tersendiri bagi kehidupan penggunanya. 

The Wall Street Journal menyebutkan bahwa Instagram dapat merugikan mental bagi remaja dan dewasa. Survey yang dilakukan oleh Facebook juga menemukan bahwa terdapat wanita muda didiagnosis gangguan makan, kecemasan, depresi, hingga memiliki ide untuk bunuh diri semua terkait dengan penggunaan instagram mereka.  

Melalui hal tersebut, Instagram akan memperkenalkan fitur terbarunya yaitu Take a Break yang akan menjauhkan para remaja dari konten berbahaya dan mengingatkan untuk beristirahat dari melihat konten dan subjek yang lain. 

Instagram juga sebaiknya bertanggung jawab menyediakan platform pendukung yang membahas efek samping penggunaannya. Sehingga para pengguna mengetahui apa yang didepan matanya dan apa yang akan dihadapi. 

Adanya kegiatan sosialisasi mental health yang diadakan di sekolah juga sama pentingnya untuk memberikan pemahanan pentingnya kesehatan mental pada generasi remaja saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan