Mohon tunggu...
Asalaja
Asalaja Mohon Tunggu... Jurnalis - Penulis Cerpen Pemula

Suka nulis cerpen yang out of the box

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Ini Fungsi dan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Oli Gardan Motor Matic

20 Agustus 2021   23:53 Diperbarui: 20 Agustus 2021   23:58 162 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini Fungsi dan Waktu yang Tepat untuk  Mengganti Oli Gardan Motor Matic
Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan 

Oli gardan motor matic memang sangat penting keberadaannya dan harus diganti supaya tidak cepat aus. Sebab jika kendaraan kita tidak diganti menggunakan oli tersebut, akan berimbas kerusakan pada komponen transmisi.

Oleh karena itu, sebelum benar-benar habis sebaiknya Anda segera mengganti oli gardan sebagai pelumasnya. Lalu, apa saja fungsi dari oli gardan tersebut?

Tentang Oli Gardan Motor Matic yang Baik

Ada sebagian besar orang pemilik motor matic tidak peduli dengan keberadaan oli gardan, padahal oli tersebut sangatlah penting. Salah satu fungsinya adalah guna melumasi serta melancarkan gear ratio di sistem transmisi.

Apabila oli gardan telat diganti, efeknya adalah gear ratio akan lebih cepat rusak bahkan suaranya akan sangat kasar. Biasanya jadwal atau waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan adalah sesudah menempuh jarak hingga 8000 km atau usia motor 8 bulan.

Namun oli gardan sendiri memang dapat bertahan lebih lama daripada pelumas mesin. Sebab oli mesin akan bekerja lebih berat dan oli gardan hanya untuk melumasi gear atau roda gigi saja.

Kegunaannya

Oli gardan motor matic ini berfungsi sebagai penghalusan transmisi otomatis yang biasanya pada komponen akan saling bergesekan. Salah satu ciri kerusakan pada gardan ditimbulkan dari suara berisik dari box CVT motor.

Sehingga oli yang akan digunakan juga harus memiliki kemampuannya dalam melumasi setiap celah di gear CVT. Sehingga bisa diandalkan dengan mudah untuk temperatur tinggi dan tekanan.

Sementara itu jangan sampai terlalu sering juga untuk selalu mengganti oli gardan pada motor matic Anda. Sebaiknya waktu yang tepat adalah sekitar usia motor 8 bulan maupun jarak tempuhnya telah mencapai hingga 8000 km.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan