Mohon tunggu...
Ary Gunawan
Ary Gunawan Mohon Tunggu... Guru - Penikmat Buku, Pecinta Robotika, dan Pemerhati Pendidikan

Guru IPA SMP Muhammadiyah 3 Depok Founder TATAP MAYA dan Penggerak @belajaripa.id

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Belajar IPA Kurikulum Merdeka Melalui Es Puter

20 September 2022   20:55 Diperbarui: 20 September 2022   21:12 436 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Murid asyik membuat Es Puter (Dok. Pribadi)

Pembelajaran IPA Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah 3 Depok dirancang berdiferensiasi sesuai dengan minat, potensi, dan gaya belajar murid. Salah satu kegiatan praktikum yang dilakukan adalah membuat Es Puter yang terinspirasi dari video FYP di TikTok. Materi Zat dan Perubahannya dikemas dalam bentuk pembelajaran kooperatif. 

Murid diberikan kesempatan memilih (choice) produk es puter yang dibuat, dari segi rasa, bahan, maupun penyajian. Selain itu, murid juga diberikan kesempatan berpendapat, menyampaikan ide dan gagasan cara pembuatan yang mereka ketahui (voice). Di akhir kegiatan, murid diminta mengomunikasikan produk yang telah dibuat sebagai karya mereka dalam bentuk foto, video dan unggahan media sosial untuk menghargai kepemilikan murid (ownership).

Pembelajaran diawali dengan pembentukan kelompok dan pengorganisasian tugas dan tanggung jawab. Murid diberikan kesempatan untuk memilih anggota kelompok dan merencanakan proyek Es Puter yang diinginkan, tentunya disesuaikan dengan langkah kerja yang sudah digali informasi sebelumnya melalui literasi pustaka maupun literasi digital. 

Alat dan bahan yang digunakan dibawa secara mandiri oleh masing-masing kelompok sehingga murid bertanggung jawab penuh terhadap pelaksanaan pembelajaran, mulai dari kebersihan, kerapian dan kehati-hatian dalam penggunaan alat yang dibutuhkan.

Murid berkelompok membuat Es Puter (Dok. Pribadi)
Murid berkelompok membuat Es Puter (Dok. Pribadi)

Es Puter

Es puter merupakan salah satu contoh es krim yang dibuat dengan cara sederhana. Proses pembekuan bahan (susu atau santan) dengan menggunakan kaleng (wadah) yang diputar dan di sekelilingnya diberikan es batu sebagai pendingin. 

Untuk memperlambat proses pencairan es batu, diberikan tambahan taburan garam untuk menurunkan titik leleh. Proses pembuatan es puter ini dapat dijadikan topik pembelajaran kontekstual perubahan wujud zat yang memungkinkan untuk diintegrasikan dalam pendidikan kewirausahaan maupun pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM)

Contoh Produk Es Puter karya murid (Dok. Pribadi)
Contoh Produk Es Puter karya murid (Dok. Pribadi)
Pembelajaran dengan model praktik dan pengalaman langsung (hands on experiences) memungkinkan murid belajar lebih bermakna karena materi pembelajaran sangat kontekstual dalam kehidupan keseharian. 

Materi konseptual disampaikan sebagai penguatan (reinforcement) kepada murid setelah proses praktik. Murid pun dapat berlatih dari kegagalan proses yang dijalani (learning from failure) untuk menstimulasi keterampilan berpikir bertumbuh (growth mindset) yang dimiliki murid. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan