Mohon tunggu...
Arya Wisnu Wardana
Arya Wisnu Wardana Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030125

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

UEFA Champions League PSG Vs Barcelona: Le Parisiens Optimis Singkirkan Blaugrana

10 Maret 2021   06:00 Diperbarui: 10 Maret 2021   06:17 359 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
UEFA Champions League PSG Vs Barcelona: Le Parisiens Optimis Singkirkan Blaugrana
Sumber: Kompas.com

UEFA Champions League merupakan kejuaraan sepak bola antarklub di benua Eropa yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh Union of European Football Associations (UEFA). 

UEFA Champions League juga kejuaraan terbesar dan paling bergengsi di benua Eropa karena diikuti tim-tim besar yang mempunyai pemain kelas dunia. Kejuaraan ini juga menentukan siapa tim terbaik di benua Eropa dan berhak mengangkat si "Kuping Besar" begitu sebutan untuk piala yang dimenangkan dari UEFA.

UEFA Champions League musim 2020/2021 sudah memasuki Babak 16 Besar. Leg pertama yang digelar pada pertengahan februari lalu telah selesai. Sementara Leg kedua dimulai pada hari ini 10 maret 2021 pukul 03.00 WIB yaitu pertandingan antara Si Nyonya Tua Juventus melawan raksasa Portugal Fc Porto dan di jam yang sama Borussia Dortmund akan menjamu Sevilla. Hasilnya Juventus harus tersingkir dari babak 16 besar meskipun menang dengan skor 3-2. Juventus kalah agregat gol tandang atas Fc Porto dengan total agregat 4-4. 

Pada pertandingan tersebut gol Juventus dicetak oleh brace Federico Cheisa  dimenit 49 dan 63, satu gol Adrien Rabiot sedangkan 2 gol Fc Porto dicetak oleh Sergio Oliviera melalui titik penalti dan tendangan bebas. Sementara Borussia Dortmund berhasil melaju ke babak 8 besar setelah bermain imbang dengan Sevilla 2-2. Dortmund unggul agregat gol karena pada leg pertama mereka menang dengan skor 2-3 dimarkas Sevilla.

Paris Saint-Germain yang bertemu raksasa Spanyol Barcelona di Babak 16 Besar UEFA Champions League musim ini sukses mempermalukan messi dan kawan-kawan di Camp Nou dengan skor 1-4 pada leg pertama. 

Hattrick dari bintang muda asal perancis yaitu Kyilian Mbappe dan satu gol Moise Kean hanya mampu dibalas satu gol Lionel Messi lewat tendangan Penalti. Hal tersebut menjadi pukulan telak bagi pasukan Ronald Koeman pasalnya di leg kedua nanti mereka harus membalikan keadaan dengan minimal skor 4-0. Karena mereka harus mengejar selisih 4 gol tandang yang dimiliki PSG untuk melaju kebabak 8 besar UEFA Champions League.

Walaupun Bermain dikandang sendiri Paris Saint-Germain tidak boleh lengah apabila tidak ingin mengenang kenangan buruk di babak 16 besar Liga Champions musim 2016/2017 setelah tercomeback Barcelona di Camp Nou dengan skor 6-1. Keenam gol tersebut dicetak oleh total lima pemain yaitu dua gol Neymar dimenit 88 dan 91, Luiz Suarez menit 3, bunuh diri Layvin Kurzawa, Lionel Messi menit 50 dan Sergi Roberto di akhir pertandingan. 

Barcelona berhasil mengukir sejarah baru dimana comeback tersebut menjadi comeback terbesar dalam sejarah fase gugur UEFA Champions League. Meski begitu asuhan coach Mauricio Pochettino tetap optimis dengan squad mereka saat ini untuk menyingkirkan Barcelona di Babak 16 Besar UEFA Champions League.

Paris Saint-Germain memiliki modal yang sangat apik jelang pertandingan lanjutan babak 16 besar Liga Champions musim ini melawan Barcelona. Di Ligue 1 PSG berhasil menyapu bersih 3 pertandingan terakhir dengan kemenangan. Bahkan di babak penyisihan grup Piala Perancis  PSG berhasil menang dengan skor cukup telak yaitu 3-0 atas Brest. 

Pada pertandingan itu gol dicetak oleh brace Kylian Mbappe serta satu gol dari Pablo Sarabia. Dengan catatan tersebut PSG optimis bisa menyingkirkan Barcelona di babak 16 besar Liga Champions musim ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN