Mohon tunggu...
Ary Adianto
Ary Adianto Mohon Tunggu... Great Communicators

Let's talk about economics, history and geography.

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Artikel Utama

8 Negara dalam Perebutan Kawasan Kutub Utara (Arktik)

19 September 2020   18:02 Diperbarui: 22 September 2020   13:42 1447 17 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
8 Negara dalam Perebutan Kawasan Kutub Utara (Arktik)
Militer Kawasan Arktik Rusia (Source : AP/Scanpix via icds.ee)

Latar Belakang

Pemanasan global merupakan isu yang terus digaungkan banyak negara, hal ini tidak terlepas dari adanya kekhawatiran atas naiknya permukaan laut yang disebabkan mencairnya es abadi di Kutub Utara maupun Kutub Selatan.

Pemanasan global terjadi karena emisi gas karbondioksida dari efek rumah kaca (ERK) dari aktivitas manusia seperti penggunaan bahan bakar fosil (batu bara, minyak bumi dan gas alam). 

Tak hanya itu, penyebab lain karena ulah manusia seperti penebangan hutan, limbah industri, limbah peternakan dan pertanian, serta penggunaan listrik. merupakan faktor yang dapat mempercepat terjadinya pemanasan global.

Menurut pemaparan dari green peace, adanya kenaikan suhu bumi sebesar sebesar 1 derajat celsius bisa menyebabkan gelombang panas, kekeringan, banjir, dan siklon tropis. Suhu yang lebih tinggi menyebabkan mencairnya lapisan es hingga akhirnya mempercepat pemanasan global.

Akan tetapi di balik kerugian yang ditimbulkan karena pemanasan global, di belahan bumi lain mendapatkan banyak keuntungan dari pemanasan global ini. Wilayah itu adalah negara-negara yang terletak di kawasan Arktik

Kawasan Arktik merupakan wilayah kutub yang terletak di bagian paling utara Bumi. Tanah dan lautan di wilayah Arktik memiliki lapisan salju dan es yang bervariasi.

Mencairnya Es di Kutub Utara yang Menguntungkan Negara Lingkar Arktik 

Lingkar Arktik (Source : Wikipedia.com)
Lingkar Arktik (Source : Wikipedia.com)
Di balik dampak buruk yang ditimbulkan karna adanya pemanasan global, banyak negara yang memiliki dampak baik dari adanya pemanasan global ini.

Negara-negara ini adalah negara yang terletak di paling utara bumi (lingkar arktik) terdapat delapan negara di antaranya Norwegia, Swedia, Finlandia, Rusia, Amerika Serikat (Alaska), Kanada (Yukon, Wilayah Barat Laut, dan Nunavut), Denmark (Greenland), dan Islandia (di mana ia melewati pulau lepas pantai kecil Grmsey). Negara-negara ini dapat menikmati cuaca yang lebih hangat dari sebelumnya.

Negara-negara kawasan arktik ini belakangan telah "mengambil keuntungan" dari terjadinya perubahan iklim. Efek positif diharapkan muncul dari perubahan iklim, salah satunya adalah pengurangan konsumsi energi selama musim dingin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN