Di tengah situasi Pandemi Covid-19, Pendidikan di Indonesia tentunya menghadapi tantangan yang berbeda. Diperlukan adanya berbagai adaptasi Pendidikan, khususnya pada ranah pembelajaran yang dituntut lebih kreatif, efektif, dan berdampak langsung pada siswa didik.Â
Apalagi dengan adanya bentuk pembelajaran baru, yaitu pembelajaran jarak jauh (PJJ), tentunya membawa berbagai tantangan bagi penyelenggara Pendidikan untuk menyelenggarakan Pendidikan yang sesuai dengan tuntutan jaman.
Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of changes) tentunya harus mengambil peran dalam mendukung adaptasi dunia Pendidikan di tengah situasi pandemic covid-19. KKN Tematik UPI menjadi wadah bagi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia untuk berperan langsung dilapangan dalam mengabdi secara langsung pada dunia Pendidikan. SMP Tahfidz Mahkota Al-Hidayat di desa Ciwaruga Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 1 september – 20 september menjadi salah satu Lokasi KKN Tematik UPI. Program KKN Tematik yang dilaksanakan di SMP Tahfidz Mahkota Al-Hidayat yaitu:
Program peningkatan literasi baca tulis pada berbagai mata pelajaran.
Program tersebut berupa bagaimana mahasiswa membantu pembelajaran pada berbagai mata pelajaran untuk meningkatkan minat literasi pada siswa.
- Program pendampingan orang tua siswa.
Pendampingan pada orang tua bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran siswa selama dirumah telah sesuia atau belum. Selain itu, bertujuan juga untuk memberi pemahaman kepada orang tua siswa untuk dapat mendorong minat siswa terhadap literasi baca tulis.
- Program peningkatan administrasi bahan ajar
Program ini bertujuan untuk meningkatkan bahan ajar yang menjadi salah satu modal sekolah agar dapat melaksanakan Pendidikan dengan baik. Mahasiswa KKN membantu dalam membuat RPP, Modul Pembelajaran, dan Media Pembelajaran.